3 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa


dok. kayleegarett.unsplash.com


“If you can breathe, you can do yoga”
- Mark Whitwell, master yoga -

Berangkat dari kutipan di atas, kita bisa simpulkan kunci yoga adalah pernapasan. Ketika kita mulai beryoga, hal pertama yang dilakukan adalah mengatur pernapasan. Ada yang melakukan pernapasan hidung, ada pula yang melakukannya lewat perut. Setelah napas kita teratur, gerakan pun dimulai. Gerakan - gerakan yoga selain membuat tubuh bugar, ia juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita.

Tiga Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

Secara garis besar, ada tiga manfaat yoga untuk kehidupan kita. Apa sajakah itu? Yuk, lanjutkan membaca

1. Menemukan diri sendiri

Ketika beryoga, ada saat kita menarik dan mengembuskan napas. Pada aktivitas tersebut, kita membersihkan pikiran dan fokus pada hal – hal yang positif dalam perjalanan kehidupan kita.
Perasaan positif akan memberikan perasaan nyaman sehingga bisa mengalirkan energi ke seluruh tubuh. Energi yang mengalir akan menyehatkan tubuh dan jiwa.

2. Menyeimbangkan hidup

Yoga membawa kebahagiaan, memperkaya, dan menyeimbangkan hidup. Keseimbangan merupakan faktor penting dalam yoga. Kenali karakter asli dirimu sebelum memilih yoga mana yang cocok denganmu.
Jika kamu sosok yang aktif, energik, dan dinamis, seorang praktisi yoga asal Kanada menyarankan kamu melakukan gerakan yoga yang lebih lambat, seperti hatha yoga. Sebaliknya, jika kamu sosok yang tenang, coba tantang dirimu dengan gerakan yoga yang dinamis, seperti ashtanga yoga.

3. Membangun kesadaran

Pada umumnya, orang – orang mengasosiasikan yoga dengan latihan asana atau postur –postur tertentu. Sebenarnya, postur - postur yoga tersebut membantu kita mengonsentrasikan pikiran, membawa kita menuju suasana meditasi. Yoga membantu kita menenangkan pikiran di tengah – tengah suasana yang ribut atau lalu – lalang peristiwa yang terjadi dengan cepat.

Berangkat dari manfaat tersebut, sebagian dokter menggunakan yoga sebagai bentuk terapi bagi pasiennya. Salah satunya adalah yoga nidra yang diartikan sebagai conscious sleep. Tubuh kita boleh tidur, tetapi pikiran kita tetap relaks dan sadar.

Caranya bagaimana?
Kita bisa berbaring di lantai atau di matras yoga dengan kaki sedikit terbuka. Gerak – gerakkan tubuh sejenak untuk mengusir ketegangan yang ada lalu relaks dan diam. Selanjutnya, pusatkan pikiran ke seluruh anggota badan lalu ke sistem chakra yang ada di sekujur tubuh kita. Pemusatan pikiran ke sistem chakra bertujuan untuk membangun kesadaran akan diri sendiri.

Karena yoga nidra ini bertujuan menyegarkan tubuh dan pikiran, sebaiknya jangan melakukan yoga nidra sebelum tidur. Nanti malah hilang kantuknya lho :D


Rutin 7 Menit Setiap Hari

Dengan yoga rutin tujuh menit setiap hari, orang dapat langsung merasakan manfaat yoga. Sebagai master yoga selama 30 tahun, Mark Whitwell berkeyakinan meskipun tujuh menit, bila dilakukan dengan tepat, dapat menenteramkan hati dan menyembuhkan diri. Gerakan yoga, sesederhana apa pun gerakan yang dilakukan, harus diselaraskan dengan irama napas yang benar.

Tarik napas dalam pelahan dari hidung, angkat kedua lengan ke atas hingga kedua telapak tangan bertemu. Selanjutnya, ketika mengeluarkan napas dari hidung, turunkan kedua lengan hingga kembali ke sisi tubuh.

Mekanisme pernapasan hidung ini juga kita lakukan saat kita melentukkan tubuh ke belakang. Selanjutnya kembali tarik napas dan keluarkan napas ketika tubuh membungkuk ke depan. Lakukan gerakan – gerakan tersebut selama beberapa kali dalam waktu tujuh menit.

Gerakan yang sederhana bukan? Inti sebenarnya bukan pada gerakan yoga yang kamu lakukan sederhana atau rumit, melainkan konsistensi kita melakukannya setiap hari selama tujuh menit. Lambat laun, latihan yoga akan menjadi bagian dari irama hidup kita, tanpa paksaan.

---

Yoga memang bukan sekadar olahraga fisik, melainkan seni menyelaraskan pikiran, jiwa, dan tubuh. Yoga adalah sebuah perjalanan. Saat kita beryoga, pusatkanlah pada proses bukan pada hasil. Nikmati setiap gerakannya agar tubuh menerima hasil maksimalnya.










Referensi

1. Suryaningsih, Imelda. 2009. Keajaiban Yoga dalam 7 Menit. Reader Digest.

2. Asmarani, Devi. 2011. Yoga untuk Semua. Jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

No comments