3 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa


dok. kayleegarett.unsplash.com


“If you can breathe, you can do yoga”
- Mark Whitwell, master yoga -

Berangkat dari kutipan di atas, kita bisa simpulkan kunci yoga adalah pernapasan. Ketika kita mulai beryoga, hal pertama yang dilakukan adalah mengatur pernapasan. Ada yang melakukan pernapasan hidung, ada pula yang melakukannya lewat perut. Setelah napas kita teratur, gerakan pun dimulai. Gerakan - gerakan yoga selain membuat tubuh bugar, ia juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa kita.

Tiga Manfaat Yoga untuk Kesehatan Jiwa

Secara garis besar, ada tiga manfaat yoga untuk kehidupan kita. Apa sajakah itu? Yuk, lanjutkan membaca

1. Menemukan diri sendiri

Ketika beryoga, ada saat kita menarik dan mengembuskan napas. Pada aktivitas tersebut, kita membersihkan pikiran dan fokus pada hal – hal yang positif dalam perjalanan kehidupan kita.
Perasaan positif akan memberikan perasaan nyaman sehingga bisa mengalirkan energi ke seluruh tubuh. Energi yang mengalir akan menyehatkan tubuh dan jiwa.

2. Menyeimbangkan hidup

Yoga membawa kebahagiaan, memperkaya, dan menyeimbangkan hidup. Keseimbangan merupakan faktor penting dalam yoga. Kenali karakter asli dirimu sebelum memilih yoga mana yang cocok denganmu.
Jika kamu sosok yang aktif, energik, dan dinamis, seorang praktisi yoga asal Kanada menyarankan kamu melakukan gerakan yoga yang lebih lambat, seperti hatha yoga. Sebaliknya, jika kamu sosok yang tenang, coba tantang dirimu dengan gerakan yoga yang dinamis, seperti ashtanga yoga.

3. Membangun kesadaran

Pada umumnya, orang – orang mengasosiasikan yoga dengan latihan asana atau postur –postur tertentu. Sebenarnya, postur - postur yoga tersebut membantu kita mengonsentrasikan pikiran, membawa kita menuju suasana meditasi. Yoga membantu kita menenangkan pikiran di tengah – tengah suasana yang ribut atau lalu – lalang peristiwa yang terjadi dengan cepat.

Berangkat dari manfaat tersebut, sebagian dokter menggunakan yoga sebagai bentuk terapi bagi pasiennya. Salah satunya adalah yoga nidra yang diartikan sebagai conscious sleep. Tubuh kita boleh tidur, tetapi pikiran kita tetap relaks dan sadar.

Caranya bagaimana?
Kita bisa berbaring di lantai atau di matras yoga dengan kaki sedikit terbuka. Gerak – gerakkan tubuh sejenak untuk mengusir ketegangan yang ada lalu relaks dan diam. Selanjutnya, pusatkan pikiran ke seluruh anggota badan lalu ke sistem chakra yang ada di sekujur tubuh kita. Pemusatan pikiran ke sistem chakra bertujuan untuk membangun kesadaran akan diri sendiri.

Karena yoga nidra ini bertujuan menyegarkan tubuh dan pikiran, sebaiknya jangan melakukan yoga nidra sebelum tidur. Nanti malah hilang kantuknya lho :D


Rutin 7 Menit Setiap Hari

Dengan yoga rutin tujuh menit setiap hari, orang dapat langsung merasakan manfaat yoga. Sebagai master yoga selama 30 tahun, Mark Whitwell berkeyakinan meskipun tujuh menit, bila dilakukan dengan tepat, dapat menenteramkan hati dan menyembuhkan diri. Gerakan yoga, sesederhana apa pun gerakan yang dilakukan, harus diselaraskan dengan irama napas yang benar.

Tarik napas dalam pelahan dari hidung, angkat kedua lengan ke atas hingga kedua telapak tangan bertemu. Selanjutnya, ketika mengeluarkan napas dari hidung, turunkan kedua lengan hingga kembali ke sisi tubuh.

Mekanisme pernapasan hidung ini juga kita lakukan saat kita melentukkan tubuh ke belakang. Selanjutnya kembali tarik napas dan keluarkan napas ketika tubuh membungkuk ke depan. Lakukan gerakan – gerakan tersebut selama beberapa kali dalam waktu tujuh menit.

Gerakan yang sederhana bukan? Inti sebenarnya bukan pada gerakan yoga yang kamu lakukan sederhana atau rumit, melainkan konsistensi kita melakukannya setiap hari selama tujuh menit. Lambat laun, latihan yoga akan menjadi bagian dari irama hidup kita, tanpa paksaan.

---

Yoga memang bukan sekadar olahraga fisik, melainkan seni menyelaraskan pikiran, jiwa, dan tubuh. Yoga adalah sebuah perjalanan. Saat kita beryoga, pusatkanlah pada proses bukan pada hasil. Nikmati setiap gerakannya agar tubuh menerima hasil maksimalnya.










Referensi

1. Suryaningsih, Imelda. 2009. Keajaiban Yoga dalam 7 Menit. Reader Digest.

2. Asmarani, Devi. 2011. Yoga untuk Semua. Jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

18 comments

  1. Jujur aja kak. Sdh 3 tahn aku tdk pernh yoga. Shingga perut mulai maju kedpan. Stlah mmbca ini. Jadi kpngen yoga lagi.

    ReplyDelete
  2. dari dulu pengen nyoba yoga saya mbak, tapi ga kesampaian, padahal bisa nonton di youtube untuk totorailnya.

    Yoga bisa bantu "ngelurusan" tulang2 saya yang kebanyakn duduk, hehe

    ReplyDelete
  3. semenjak pandemi belum yoga lagi masih takut ke tempat latihan yoga, sendiri di rumah gak bisa

    ReplyDelete
  4. Wah saya mau coba nih. Kebiasaan baik. Hanya 7 menit sehari hasilnya bs utk selamanya.

    ReplyDelete
  5. Yoga memang bisa di lakukan semua orang,tapi rutin ini loh PR banget gak semua orang bisa komit utk rutin ya mbak

    ReplyDelete
  6. Seumur hidup saya baru 3x ikutan Yoga, habis ga nemu tempat pelatihannya dekat rumah. Mau sambil online kok ga merasa aman dan kurang konsentrasi.

    ReplyDelete
  7. Pantesan banyak yang suka olahraga yoga ini yaa, teh..
    Karena manfaatkan bisa membuat hidup lebih seimbang.
    Jadi terasa lebih menyenangkan...

    ReplyDelete
  8. selama ini aku hanya baru belajar tipis2 pernafasan meditasi belum yoganya, pengin bgt ikut yoga yg ada instrukturnya biar lebih tenang, hening, damai dan bs menemukan diri sendiri

    ReplyDelete
  9. UUdah lama saya mau mraktekin yoga nih
    Udah nulis post it note nya segala di dekat tempat tidur
    Eh selalu lupa :D :D

    ReplyDelete
  10. Benar ya, yoga nggak hanya bagus untuk fisik. Tapi bagus juga untuk mental

    ReplyDelete
  11. Wih keren lo bisa rutin gtu mbak? Sejujurnya olahraga yg kusukai tu renang tapi aku dah berhenti semenjak pandemi huhu. Yoga ini aku msh agak bingung caranya, Tp kyknya menarik liat panduan videonya gtu kali ya, apalagi 7 menit kyknya cuma bentar :D TFS

    ReplyDelete
  12. Okeh menarik ini Yoga, 7 menit perhari, hidup balance...

    ReplyDelete
  13. Kak....
    Aku tuh udah niat banget mau yoga. Sudah download musik meditasi sama sudah lihat-lihat gerakannya di YouTube tapi eh tapi, rasanya berhenti di niat saja ini. Belum ada gairan buat memulai

    ReplyDelete
  14. Yoga memang menbutuhkan banyak konsentrasi yaa, teh...
    Makanya aku jarang yoga, hhehe...lebih happy kalau zumba.

    ReplyDelete
  15. wah pas banget lagi sikon seperti ini cocok untuk mencoba yoga agar bisa menjaga jiwa tetap tenang dan sehat :D

    ReplyDelete
  16. Yoga ini bisa buat cowok juga kan ya, kak? Hahaha takutnya cuma buat cewek. Pengin banget ah cobain. Biar adem

    ReplyDelete
  17. Pertama kali kenal yoga pas menang lomba nulis dan dpt hadiah menghadiri gala primere sebuah acara.. Dua hari di sana ada acr yoganya dipandu pelatih yoga kenamaan yg sering tampil di tv ...aku lupa siapa ya namanya..hehe lgs jatuh cinta sama yoga..munvkin krn lgs dipandu ahlinya..

    ReplyDelete
  18. wah saya juga pernah lakukan gerakan yoga dasar. hasilnya memang bikin badan lebih seimbang & bugar setiap hari.

    ReplyDelete