Blogger Creative Writing Course Bersama TBI

Bagi saya, bisa ikut kursus menulis kreatif alias creative writing yang digagas ISB bersama TBI sebenarnya semacam harapan yang dikabulkan. Sudah sejak lama saya ingin ikut kelas creative writing dalam bahasa Inggris. Alasannya tentu saja untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris saya di dunia menulis. Selain memang untuk menambah soft skill, alasan lain untuk memperluas jaringan kerja. Permintaan menjadi content writer berbahasa Inggris beberapa kali datang, tetapi saya tidak cukup percaya diri untuk menerimanya. Saya masih harus mengasah kemampuan bahasa Inggris, terutama secara tulisan untuk mendukung pekerjaan saya saat ini.



Pucuk dicinta ulam pun tiba. Setelah  cukup lama mencari tempat kursus creative writing dan takkunjung dapat, awal Agustus lalu, saya berkesempatan mengikuti short course creative writing dari TBI. Kursus singkat selama tiga hari ini dibimbing dua tentor TBI. Mereka adalah Mrs Grace dan Ms Irtish. Keduanya pengajar TBI cabang Dago, Bandung. 

FYI, semua pengajar TBI, baik asing maupun lokal adalah pengajar berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi serta sertifikasi Internasional. Itu pula yang saya rasakan selama dibimbing Mrs Grace dan Ms. Irtish. Kedua tentor kami sangat membantu kami saat mennyampaikan pemikiran - pemikiran secara lisan. Mereke mensupport kami untuk aktif berdiskusi. Begitu pula saat mengoreksi tugas kami. Mrs Grace dan Ms Irtish begitu teliti memberikan penilaian, masukan dan saran.

Pada kursus daring ini, pelajaran di kelas menggunakan Zoom sebagai media interaksi dan Google Classroom sebagai media penyampaian materi secara tertulis. Selama tiga hari, sepuluh peserta yang terlibat dalam kursus singkat ini berdiskusi tentang materi - materi yang sering kami jumpai sebagai blogger. 


Materi Belajar Kursus Daring Creative Writing

  • Hari Pertama, 24 Agustus 2020

Pada hari pertama, kami diminta memperkenalkan diri dalam 100 kata. Perkenalan ini disampaikan secara tertulis padda salahs atu slide Google Class Room. Saya yang saat itu menggunakan ponsel sebagai media belajar amat kesulitan mengisi slide dalam Google Class Room. Akhirnya setelah menggunakan laptop, semua urusan dengan Google Class Room bisa diatasi. Yang sering bermasalah adalah sinyal internet. Putus nyambung putus nyambung kayak orang galau. Kesabaran dan ketangguhan saya benar -  benar diuji hari ini dan dua hari berikutnya.

Selesai perkenalan, materi selanjutnya review sebuah produk. Kami diberi contoh review sebuah produk dan diminta mempelajarinya secara berkelompok. Setelah berdiskusi, kami diberi tugas membuat review produk dalam bahasa Inggris. Tugas dikerjakan secara mandiri dan dikumpulkan esok harinya. 

Saya menulis review tentang laptop pink saya yang lelet. Ketiga tugas dikembalikan Mrs. Grace, saya cukup terharu dengan hasilnya. Apa hasilnya? banyak coretan. hihihi..Artinya apa? You know lah..

  • Hari Kedua, 25 Agustus 2020

Pada hari kedua, kami melanjutkan belajar menulis review. Kali ini, review tempat, seperti restoran atau kafe. Seperti pada hari pertama, kami dibagi dalam kelompok untuk berdiskusi. Materinya seputar grammar dan jenis kata yang digunakan saat menulis review tempat. 

Selesai berdiskusi di kelompok kecil, kami melanjutkan diskusi di kelompok besara. Tiga jam berlalu tanpa terasa. Tepat pukul 15.00 WIB, kelas selesai dan kami diberi tugas menulis review restoran atau kafe yang kami kunjungi dalam 100 kata.

  • Hari Ketiga, 26 Agustus 2020

Pada hari terakhir, saya sudah mulai mengenal beberapa teman dari ruang - ruang diskusi kami. Ada sembilan orang teman yang ikut kursus singkat ini. Alhamdulillah di hari ketiga, komunikasi kami semakin cair meski drama - drama seputar sinyal dan kesibukan di rumah tetap mewarnai.


siswiyantisugi.com



Kami berdiskusi tentang cara me-review benda yang ada di sekitar lalu dilanjutkan mengubah kalimat pasif menjadi aktif dan sebaliknya. Pada hari ketiga ini, ilmu kami semakin banyak. Grammar dan vocabulary yang semakin kaya.

Tiga hari yang amat berharga bagi saya. Kursus singkat ini menggerakkan pikiran dan tekad saya untuk lebih su rajin lagi mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Caranya gimana? banyak membaca & merutinkan berbicara dalam bahasa Inggris.

Tentang TBI

The British Institute (TBI) didirikan pada 18 Februari 1984. TBI merupakan satu - satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh The University of Cambridge English. Salah satu kewenangan TBI adalah menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages). Kewenangan ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya. Takhanya itu, dengan kredibilitasnya sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus pada pembelajaran Bahasa Inggris, TBI menjadi tempat kursus bahasa Inggris terdepan dan pertama di Indonesia. 

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke - 36 tahun, TBI menyelenggarakan berbagai event. Beberapa di antaranya adalah lomba menulis, membuat vlog, kompetisi video, dan lain - lain. TBI berharap murid - murid semakin bersemangat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan cara yang menyenangkan.

TBI Dago -  Bandung


Lokasi Cabang TBI

Kalau kamu di Bandung dan ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris, mempersiapkan ter IELTS dan TOEFL, atau berrmaksud mengikuti program teacher training setiap bulannya, kamu bisa datang ke TBI Dago. Lokasinya di jalan Dago No. 157 berdekatan dengan ITB, UNIKOM. ITHB, Unisba, dan sebagainya. 

Gimana dengan lokasi TBI di kota - kota lain di Indonesia? Simak daftar lokasinya di bawah ini yaa

1. Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading
2. Cibubur
3. Depok
4. Tangerang : BSD / Gading Serpong
5. Malang

Sistem Pembelajaran

Seperti online short course creative writing yang saya ikuti tempo hari, sistem pembelajaran di TBI Dago ada tiga jenis :

  1. Face-to-face
  2. Online Learning
  3. Blended Learning 
Jadwal kelas TBI tersedia bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa memilih kelas di antara Senin sampai dengan Sabtu. Pukul 10.00 – 21.00.

Berikut ini program kelas yang ada di TBI

1. Children
2. Pre Teen
3. Teen
4. Global English
5. Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
6. Workshop
7. In-House Training
8. P.rivate Class
9. Blended Learning
10.One Learning
11.Teacher Training

Aktivitas Seru di TBI

  • Supporting acara - acara pendidikan, pentas seni, bundling program dll.
  • Special Promotion (Back to School, Back to Campus, TBI Anniversary, Year End dll).
  • All Year Programme (Pay one level get special discount, harga khusus untuk anggota keluarga, group promo dll).
  • Car Free Day 
  • Workshop gratis untuk sekolah, perusahaan, universitas, dan lembaga-lembaga pemerintahan maupun pendidikan.
  • Bekerjasama dengan Indosat untuk program acara Ranking 1.
  • Aktif melakukan exhibition di mall-mall dan sekolah dan atau universitas

Upcoming Promo
Back to Campus: Special Discount 20% + lucky dip (Study Voucher, Merchandise, dll) Only in  September 2020.

Seru nih upcoming promonya. Sayang banget kalo dilewatkan. Oh ya, sekadar info buat kamu yang ingin ikut kelas creative writing di TBI, kamu bisa mengumpulkan teman - teman sebanyak sepuluh orang sebagai syarat utama pembukaan kelas creative writing.  Yuk, gabung dan makin terasaha kemampuan bahasa Inggris kita bareng TBI. 


6 comments

  1. seru sekali belajar creative writing ini dalam bahasa inggris, jadi bisa dapet dua ilmu sekaligus skillnya, jadi inget saat kuliah ey. nah online learning ini bisa menjadi pilihan ya kak untuk tetap belajar saat pandemi ini

    ReplyDelete
  2. Kalau sudah normal dan anak masuk sekolah, pengen belajar bahasa Inggris lagi. Sudah lama ga ada tandem untuk ngomong/nulis, jadi kayak lupa dan ga pede lagi.

    ReplyDelete
  3. Jadi sesuatu yang baru ya kalau dapat menulis di blog dengan narasi Bahasa Inggris ya Mba. Aku jadi belajar juga melalui tulisan Mba ini.

    ReplyDelete
  4. Menarik sekali ini, teh...
    Kalau ikutan secara berkelompok, berbayar sehingga cukup terjangkau yaa...
    APalagi ilmunya aplikatif banget.

    ReplyDelete
  5. Wuaaa pasti seru banget ya.. apalagi diajar sama pengampu profesional dari TBI. Saya pernah ikut kelasnya yg di Kuningan dan enang worth it. Suka.. suasana belajarnya juga ga bosenin..

    ReplyDelete
  6. Mau dong dapet pelatihan nulis bahasa inggris kayak gini. Apalagi mentornya sudah profesional dan lembaganya pun jelas. Yakin deh kelar pelatihan pasti bakal jago.

    ReplyDelete