Mau Renovasi Rumah? Pakai Jasa Kontraktor Interior Saja

Beberapa waktu lalu, saya berkunjung ke salah satu mall di wilayah Bandung Selatan. Mall ini tampak luas dan megah dari luar. Di lobby pun, kesan itu masih terasa. Namun, saat saya masuk ke bagian dalam mall, kesan luas dan megah pun hilang. Mengapa? Menurut pengamatan saya, selain membutuhkan desainer interior,  mall ini membutuhkan kontraktor interior mumpuni agar tata ruang mall lebih rapi dan nyaman bagi pengunjung.

Ngomong - ngomong, kontraktor interior itu apa sih? Kontraktor interior adalah jasa konsultan desain interior ruangan. Konsultan ini akan memberikan gambaran awal mengenai rancangan desain ruangan, estimasi biaya hingga proses renovasi ruangan. 

Sebelum melakukan pekerjaannya, seperti biasa kontraktor akan mendiskusikan desain ruangan yang diinginkan, bahan atau material yang efisien, keamanan material tersebut hingga warna ruangan yang cocok. Setelah semua unsur desain interior disepakati, kontraktor interior akan membuat cetak biru gambar tiga dimensi ruangan yang akan direnovasi.

Gambar tiga dimensi tersebut biasanya berisi detail ukuran, material, warna, tampak depan, tampak samping, serta unsur lain yang dibutuhkan dalam pengerjaan renovasi. Jika kita sebagai klien setuju, gambar akan langsung dipakai sebagai patokan utama saat merenovasi ruangan. 

Langkah selanjutnya adalah penentuan rencana anggaran renovasi. Kontraktor interior akan membantu kita memberikan masukan anggaran yang dibutuhkan untuk merenovasi ruangan. Rencana anggaran itu berisi belanja material, biaya tukang hingga lamanya proses renovasi. 

Banyak juga tugasnya ya? Seperti halnya kontraktor di bidang lain, kontraktor interior memang memegang peran penting dalam proses berjalannya pekerjaan renovasi atau pembangunan. Untuk lebih jelasnya, saya merinci job desk kontraktor interior berikut ini. 

 Job Desk Kontraktor Interior

1. pekerjaan ceiling

Pemasangan ceiling atau plafon merupakan bagian dari ruang lingkup pekerjaan kontraktor interior. Pekerjaan ini meliputi pemilihan bahan sampai pada proses pengecatan dan pemasangan aksesori plafon seperti cornice.

 

jasa kontraktor interior
docplayer.info

 
2. pekerjaan dinding

Kontraktor interior harus bisa menyesuaikan material dinding di lapangan dengan gambar kerja desainer yang telah disetujui. Dalam tahapan pekerjaan ini, kontraktor menentukan ukuran, material, finishing, sampai pelapis dinding. Selain dinding yang menjadi struktur bangunan, kontraktor interior juga mengerjakan partisi ruangan. 

 

jasa kontraktor interior
rumahkuunnik.com

3. pekerjaan lantai

Pekerjaan lantai dalam job desk kontraktor interior juga meliputi pemilihan bahan interiori bisa kayu, batu alam, keramik, dan sebagainya. Treatment khusus dan perawatan lantai termasuk pekerjaan kontraktor interior juga lho.

 

jasakontraktorinterior
beritakonstruksi.com

 
4. pekerjaan furnitur

Kontraktor interior bertanggung jawab pada proses pembuatan furniture. Beragam jenis pembuatan furniture, baik yang didesain melekat pada struktur ruangan maupun bangunan (fixed furniture) atau yang tidak bisa dipindah -pindah (loose furniture). 

 

job desk jasa kontraktor interior
furnizing.com
Kontraktor interior juga bisa berbelanja furniture sesuai arahan desain interiornya. Jadi, kontraktor interior bisa saja membeli furnitur yang dibutuhkan, tidak harus membuatnya sendiri.

5. pekerjaan elemen pelengkap interior

Selain melakukan pekerjaan utama, kontraktor interior juga melakukan pekerjaan elemen pelengkap. seperti pemasangan lampu gantung tana,an, vas hingga artwork di dalam ruangan. 

 

jasa kontraktor interior
aksesori pelengkap interior (pinterest.ph)

--

Pepak juga ya job desk kontraktor interior. Dia bertanggung jawab pada keseluruhan kerja pembangunan teknis juga estetis ruangan. Jasa ini sangat membantu para klien yang awam terhadap renovasi teknis dan estetis ruangan atau bangunan. Yang penting sih sebelum memutuskan memakai jasa kontraktor interior tertentu, kita harus mengumpulkan banyak informasi mengenai kinerja kontraktor interior bersangkutan. Supaya tidak menggerutu di kemudian hari akibat penyesalan dan ketidakpuasan terhadap hasil kerjanya.

2 comments

  1. Saya juga belum familiar dengan blogpost yang isinya 1 paragraf aja.. :))

    ReplyDelete
  2. Serahkan kepada ahlinya ya kak soal interior ruangan. Karena bila didesain maka jauh lebih elegan pastinya.

    ReplyDelete