Socialpreneur Ala Erix Soekamti, Berbagi untuk Sukses Bersama


Siapa yang tidak kenal Erix Soekamti? Namanya populer sebagai vokalis Endanx Soekamti. Untuk yang belum familiar, bisa googling aja ya :D

Nah, apa yang istimewa dari vokalis eksentrik ini? Banyak, salah satunya adalah socialpreneur yang ia geluti selama ini. Kebetulan saat FunTalk yang digagas Home Credit 14 Oktober 2020 lalu, Erix berbagi cerita tentang aktivitasnya beberapa tahun terakhir. 

Sebagai musisi, ia tidak hanya fokus pada kegiatan bermusik saja. Seperti yang ia ceritakan pada FunTalk Home Credit, musisi seharusnya punya karya fisik. Karya fisik itu tidak harus berupa kepingan CD atau kaset seperti tahun 90an. Apalagi sekarang semua orang mendengarkan musik di ponsel masing - masing. Salah satu karya fisik yang digagas Erix adalah Does University. Apa itu?

Does University 

Does University adalah sekolah gratis yang didirikan Erix untuk mereka yang ingin fokus mengembangkan kemampuannya di bidang multimedia.

Mereka yang memutuskan belajar di Does University ini harus fokus dan tidak terikat pada urusan lain. Jadi, anak - anak yang lulus SMP dan punya ketertarikan menekuni multimedia bisa bergabung dengan Does University selama 1,5 tahun. 

Nah, selama belajar di Does University, mereka tidak sekolah formal dulu. Setelah 1,5 tahun terlampaui, mereka bisa melanjutkan belajar di bidang lain yang diminati. 

Kurikulum Does University lebih padat dibandingkan universitas pada umumnya. Setiap anak belajar selama 8 jam dalam sehari, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Pada awal bulan, anak - anak akan menerima materi dari pengajar. Selanjutnya, mereka harus melakukan eksplorasi sendiri untuk memahami materi yang sudah dipelajari.

Eksplorasi harus dilakukan dengan penuh kesungguhan. Pada akhir masa pembelajaran, ada simulasi berupa presentasi hasil project yang disampaikan kepada adik - adik tingkatnya.

Dalam proses pembelajaran, Does University bekerja sama dengan beberapa lembaga IT, seperti Biznet, Cloud Kilat, dan Citra Net.

Erix berkisah sekolah yang didirikannya adalah bagian dari perjalanannya sebagai musisisi. Sekolah ini pun bagian dari refleksinya sebagai manusia. Ia yang dulu pernah drop out dari sekolah musik akibat tidak fokus belajar memutuskan ingin membagi ilmu yang dimilikinya dengan turun mengajar sendiri.

Does University ini bisa berdiri berkat donasi dari salah satu fans yang rajin mengikuti vlognya. Selain bantuan dari donatur mulia itu, Erix juga menjual kaos buatannya sebagai cara mengumpulkan dana untuk kelangsungan sekolah ini.
 

Kunci Sukses Erix Soekamti

Jatuh bangun Erix mendirikan sekolah serta berbagai aktivitas kreatif yang dilakukannya membuat Erix menjadi sosok yang peduli pada kondisi sosial di sekitarnya. Itulah mengapa ia semakin bersemangat membantu kawan - kawannya yang punya usaha juga. Ia menyebutnya dengan "Nglarisi Konco Dhewe".
 
Menurut Erix, agar tetap konsisten berkarya,  kita harus fokus dan usir baperan. Nggak perlu terlalu mendengarkan komentar nyinyir kanan kiri. Selama kita yakin dengan pilihan kita dan bertanggung jawab atas pilihan tersebut, jalan terus.

Dua hal penting yang harus dilakukan agar tetap maju bersama dengan sejuta kreasi adalah terus belajar hal baru, berbagi dengan sesama, dan mau beradaptasi dalam kondisi apa pun.

30 comments

  1. Wah keren punya universitas gratis. Ada syaratnya tidak ya itu, selain tamatan SMP dan harus fokus selama 1,5 tahun

    ReplyDelete
  2. Komentar nyinyir itu masuk lalu keluarkan. Kita kudu percaya diri

    ReplyDelete
  3. Bang Erix mukanya sangar tapi hatinya baik...berdedikasi dengan dunia pendidikan khususnya di bidang musik.Sukses terus bang Erix

    ReplyDelete
  4. Suka dengan inspirasi dari seorang Erix, mengajak orang-orang untuk selalu semangat maju bersama,dan luwes dengan kehidupan ini. Semoga semua tujuan baik yang ingin dicapai, dapat dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Keren banget mas Erix Soekamti ini. Kesuksesannya jadi musisi bisa bikin DOES University untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak di bidang multimedia. Gratis lagi.

    ReplyDelete
  6. Saya juga penggemar group Endang Soekamti
    Anak2ku suka nyetel, jadi ikutan ngefans hehehe

    ReplyDelete
  7. Mbak jadi DOES University untuk lulusan SMP atau SMA ya? Di atas disebutkan SMP?
    Setuju dan salut dengan Erix Soekamti, untuk konsisten berkarya, kita harus fokus dan usir baperan. Nggak perlu terlalu mendengarkan komentar nyinyir kiri dan kanan.
    Maju terus sesuai pilihan!

    ReplyDelete
  8. Yups, benar mba. Sebab, belajar adalah kunci kesuksesan dalam meniti karir.

    ReplyDelete
  9. wow keren
    jadi anaak yangmau sekolah di Does University harus rest dari sekolah formal selama 2 tahun ya?
    Bagus juga idenya, udah punya tambahan skill setelah lulus dari Does University dan meneruskan sekolah formal
    dan keemungkinan besar masuk PTN dari jalur prestasi ya?

    ReplyDelete
  10. Aksi yang dilakukannya bagus banget ya untuk kepedulian sesama. Musisi yang akhirnya mau melakukan hal seperti ini memang tidak banyak ya mbak. Apalagi khusus di bidang multimedia gini tentunya makin banyak nantinya anak-anak bangsa yang punya skill di bidang tersebut saat masa modern seperti sekarang.

    ReplyDelete
  11. Mantuulll banget ini DOES University
    Aku baca beberapa artikel tentang Erix dan wohoooo dia inspiring banget yha

    ReplyDelete
  12. Semoga makin banyak Erix-Erix lainnya. Supaya nggak ada gap pendidikan antar orang² yang mampu sekolah dan yang nggak di negara kita. Aamiiin.

    ReplyDelete
  13. Wah hebatnya seorang Erix Soekamti, bukan sekedar pemusik saja, tapi punya sekolah yang sangat hebat cara mendidiknya. Juga berhati mulia. Semoga sukses

    ReplyDelete
  14. Erix Soekamti ini personil Endank Soekamti itu gak sih mbak?

    ReplyDelete
  15. Betul teh. Selama kita yakin dengan apa yang kita lakukan, kanan-kiri mah nggak perlu didengar. Jalan terus saja

    ReplyDelete
  16. Mantap ya. Nglarisi Konco Dhewe. Bisa bikin ekonomi terus bergerak walau berskala kecil. Tapi mana tau nantinya bisa jadi besar.

    Keren juga dengan Does University ini. Ternyata buat remaja selepas SMP ya. Kukira buat selepas SMA tadinya,karena pakai kata "university".

    ReplyDelete
  17. Wah informasi buang bermanfaat.

    Setidaknya di tengah minimnya taraf pendidikan anak bangsa, mas Erix sudah membantu negara mengasah kemampuan para lulusan SMP terutama di bidang multimedia. Semoga bisa terus berkembang sekolahnya. Aminn.

    ReplyDelete
  18. Wah salut banget sama mas Erix ini yah, sekolah yang dibangun banyak membantu upgrade skill, patut dicontoh nih

    ReplyDelete
  19. Kalo social preneur harusnya Erix Soekamti mau menerima pembayaran atau mendapat profit
    Sedangkan Does University gratis ya?

    ReplyDelete
  20. MasyaAllah mulia banget niatnya yaa mbak. Aku sering dengerin lagunya Endang Soekamti karena enak-enak, tapi sumpah baru tau vokaslinyaa hehe. Keren banget progrmannya Does University yaa mbak. Semoga sukses adek-adek yang belajar aamiin

    ReplyDelete
  21. Hi kak salam kenal ya.
    Jujur, aku sangat bangga dan terharu jika sesorang yang miliki program masa depan yakni pendidikan, tahu kan ya pendidikan adalah salah satu cara yang bisa mencerdaskan kehidupan bangsa (masyarakat). Ini peru banget dicontoh banyak orang ya kak programnya..

    ReplyDelete
  22. Setuju banget yang bagian 'harus fokus dan usir baperan'. Soalnya kalo dikit-dikit baper ya kapan majunya? Salut deh sama Mas Eric,semoga sehat selalu dan makin jadi berkat buat banyak orang

    ReplyDelete
  23. Inspiratif sekali Kang Erix ini. Saya mesti banyak belajar terutama karena saya punya impian yang sama mendirikan sekolah gratis :)

    ReplyDelete
  24. Nglarisi konco dewek Nglarisi warung2 cilik itu harus banget dilakukan saat pandemi gini. Eh ternyata Bang Erix udh mengawalinya duluan yaa. Salut bgt. Meski wajah sangar tapi jiwa lembut gt

    ReplyDelete
  25. Konsep Does University memang menarik dan inovatif sekali ditengah kondisi saat ini. Sangat mengisnsprsi

    ReplyDelete
  26. Kereeeen ini idenya Mas Erix bikin sekolah seperti DOES University. Semoga suatu saat bisa berkembang jadi SMK ya, supaya anak-anak lulusan SMP yang ikut program ini nggak perlu rest study 2 tahun. Bisa langsung lanjutin SMK di sini.

    ReplyDelete
  27. Endank soekamti tuh aku jadi inget jaman SMA, temen-temenku pada suka dengerin hehehe.. jadul amat yaa

    ReplyDelete
  28. Peduli terhadap lingkungan terutama lingkaran pertemanan yaa..teh.
    Salut sama Erix Soekamti yang membangun impiannya dari nol.

    ReplyDelete
  29. Wah berbagi di masa pandemi memang menyenangkan ya. Ini ilmu nya juga mahal banget nih. Btw, saya bbrp lagi Endang Soekamti, seneng sejak jaman SMA 😍

    ReplyDelete
  30. Band favorit Kang mas Saya, krn Salah satu personnel teman akrabnya semasa kuliah dulu. Hebat ya bisa mendirikan sekolah

    ReplyDelete