5 Manfaat Kulit Apel yang Wajib Kita Tahu

Halo gengs, kamu termasuk tim makan apel tanpa kulit alias dikupas atau tim yang langsung makan dengan kulitnya?

Kalo kamu termasuk tim makan apel tanpa kulit, ada baiknya kamu baca manfaat kulit apel di bawah ini. 

manfaat kulit apel
dok.jovee.id

5 Manfaat Kulit Apel untuk Kesehatan

1. Mengandung banyak serat

Serat merupakan nutrisi penting yang membantu kelancaran sistem pencernaan. Salah satunya adalah mencegah sembelit. Dengan rutin mengonsumsi serat, limbah pencernaan dapat langsung melewati usus besar, menuju rectum, dan seterusnya. Endingnya tentu perut kita legaa 😄

Serat juga bermanfaat untuk mencegah kenaikan gula darah dan menurunkan kolesterol. Selain itu, serat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal itu amat bagus untuk mereka yang sedang diet menurunkan berat badan bukan? 

Mengupas kulit apel ternyata dapat menghilangkan jumlah serat yang awalnya 5,4 gram menjadi 2,8 gram. Jumlah serat yang hilang itu setara dengan setengah dari total kandungan serat dalam buah apel. Wiih, sayang banget kan kalo kita tetep kupas kulit apel sebelum mengonsumsinya?

2. Meringankan masalah pernapasan

Manfaat flavonoid dan quercetin pada kulit apel lebih banyak jumlahnya ketimbang daging buah apelnya. Menurut hasil penelitian, sebaiknya kita mengonsumsi 4 - 5 apel setiap pekan agar fungsi pernapasan kita lebih baik.

3. Mengurangi risiko kanker

Kulit apel mengandung sejenis prote ain yang disebut dengan maspin. Protein ini bekerja dengam cara menghambat pembentukan pembuluh darah di sekitar tumor serta mencegah penyebaran sel kanker.

4. Menurunkan berat badan

Kulit apel mengandung asam ursalat, yakni senyawa penting yang dapat melawan kelebihan berat badan (obesitas).

Menurut hasil riset, asam ursalat dapat meningkatkan lemak otot yang berperan membakar kalori sehingga terhindar dari risiko obesitas.

Nah, supaya body goal tercapai, gimana kalau sekarang cemilannya apel aja?😁

Tips Aman Makan Apel dengan Kulitnya

Mungkin alasan kamu makan apel tanpa kulit karena khawatir dengan lapisan lilin yang ada pada kulit apel. Apakah dugaan saya benar?

Sebenarnya lapisan lilin ini berasal dari bahan organik, lilin karnauba. Ia terbuat dari pohon palem. FYI, lilin karnauba bersifat food grade. Artinya, seperti yang sudah kita tau, lapisan lilin ini aman digunakan pada bahan makanan. 

Lilin karnauba tentu sangat berbeda dengan lilin yang digunakan untuk keperluan industri selain industri makanan dan minuman. Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan lapisan lilin pada apel. Dia aman untuk kesehatan kita.

Trus, gimana kalau kita ingin membersihkan lapisan lilinnya? Kita bisa melakukan 2 hal berikut ini.

1. Cuci apel dengan air suam-suam kuku. Inget ya, suam-suam kuku tidak sama dengan air hangat. Kualitas apel akan rusak jika kita mencucinya dengan air hangat.

2. Gosok pelahan kulit apel dengan sikat gigi halus. 

Simple banget caranya kan? Gampang dipraktikkan dengan peralatan yang pasti ada di rumah. Selamat mencoba :)


14 comments

  1. WOhooo bisa nurunin berat badan juga yhaaaa *auto girang*
    kayaknya perlu niiih rutin makan buah apel ama kulitnya jugaaa

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu, bahwa lilin yang melapisi dari bahan organik, lilin karnauba yang aman.

    Jadi selama ini aku hanya percaya lilin, dah itu saya. Sehingga merasa kalau makan apel bersama kulitnya gak bagus untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  3. oo beda ya suam suam kuku dengan air hangat. Apalagi dengan air panas ya. Jadi suam2 itu ditengah antara dingin dan hangat atau antara hangat dan panas? Beneran saya ngga tau soalnya.

    ReplyDelete
  4. saya biasanya mengecek dulu kulitnya kak, kalau terasa licin dan kalau digosok kekain seperti ada lapisan lilin dan susah hilang , ngga berani dimakan tapi kalau bersih... aman... sikaaat

    ReplyDelete
  5. Nah ini, saya sebenarnya suka makan apel langsung tapi anak-anak maunya dikupas. Ya udah akhirnya saya ikutan makan yang udah dikupas. Tapi setelah tahu manfaatnya saya akan selang-seling makan apel dengan kulitnya. Makasih infonya Mbak.

    ReplyDelete
  6. aku tipe yang kalau makan apel langsung gigit aja sama kulitnya. enak kok. yang penting udah dibersihin. kadang kalau dikupaspun aku suka nyari gitu kulit apelnya, tetep aku makan wakakakakaka

    ReplyDelete
  7. Waaah, baru tahu ternyata kulit apel banyak banget manfaatnya ya Kak, selama ini makan ya makan aja ama kulit-kulitnya ampe habis tak tersisa

    ReplyDelete
  8. buah favorite aku ini mah ka , mengkonsumsi aple itu manfaat nya segudang walau harga kadang high , tapi ga masalah buat kesehatan ya ka

    ReplyDelete
  9. banyak ya ternyata manfaatnya. Aku biasanya kalau makan apel kulitnya dikupas, suka ngeri dengar gosip yg katanya kulit apel pake lilin itu lho. Tapi setelah dipikir itu kan gosip dan kulit bisa kita bersihkan dulu

    ReplyDelete
  10. semoga aja suatu saat anti aku bisa nanam pohon apel sendiri, supaya ga ragu langsung hap apel bareng kulit-kulitnya, aamiin

    ReplyDelete
  11. Jadi gitu mba Sugi, aku baru tahu hehhehe biasanya cuma cuci air biasa aja dari keran udah gitu aja. Ada triknya ya, asikk makasih Mba.

    ReplyDelete
  12. Kalau aku suka makan sama kulitnya, soalnya udah tau dikit-dikit lah manfaatnya. Tapi kalau anak-anakku mintanya dikupasin.. soalnya kalo gak dikupas katanya kulitnya gak enak, keras-keras gimana gitu. Hihi.

    ReplyDelete
  13. Aku tim makan apel sama kulit doonk...
    Enaknya karena gak gampang cokelat akibat teroksidasi.
    Biasanya uda males kalo liat apel kecokelatan.

    ReplyDelete
  14. Lho dari kulitnya saja sudah banyak manfaatnya ya, apel juga salah satu buah favoritku sih selain karena enak juga simpel tinggal nyam nyam. Makanya ya ada istilah, one apple a day keeps the doctor away :D

    ReplyDelete