Tips Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

Memilih keramik untuk kamar mandi biasanya menjadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Mengapa demikian? Karena banyak banget pilihan menarik, apalagi kalau pilih – pilih model dan corak keramiknya. Semua kok tampak cantik untuk dipasang di kamar mandi.

Sebelum kita memilih model keramik yang cocok, hal pertama yang harus kita pahami adalah semua lantai kamar mandi pasti akan basah karena kelembapan dan uap air. Keramik, porselen, dan kaca bisa menjadi pilihan untuk lantai kamar mandi yang tahan lama. Tiga material ini bisa kita gunakan agar kamar mandi awet dan nyaman meski sering kena air. Sementara itu, penggunaan marmer dan batu alam berpori tidak disarankan karena mereka mudah keropos terkena air secara terus menerus. 


memilih keramik kamar mandi
dok.bonito.in

Mayoritas masyarakat di Indonesia memilih keramik untuk lantai dan dinding kamar mandi. Alasannya tentu saja karena keramik lebih tahan lama dan modelnya amat beragam. Pemasangan dan perawatannya juga mudah. Selain itu, yang tak kalah penting menjadi bahan pertimbangan harganya. Harga keramik sangat bervariasi, mulai dari yang ramah di dompet sampai yang menguras isinya.

Apa saja yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli keramik untuk kamar mandi? Berikut ini tips yang bisa kita terapkan agar kamar mandi kita nyaman dan estetis. 

Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

1. Tentukan anggaran

Keramik termasuk pilihan material yang murah untuk kamar mandi. Namun demikian, tetap saja harganya bermacam-macam. Harganya mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu. Untuk beberapa merek keramik, ada yang dijual per dus isi 24 buah. Ada juga yang menjualnya dengan hitungan per m2.

2. Pilihlah warna yang cocok

Memilih warna keramik untuk lantai dan dinding memberikan kesenangan sendiri. Beragam pilihan warna seringkali membuat kita sulit memilih. Hal yang harus diperhatikan adalah usahakan warna aksesoris di kamar mandi senada dengan warna keramiknya. Kita juga bisa memadupadankan warna perabotan yang akan kita tempatkan di kamar mandi dengan warna keramik untuk lantai dan dindingnya. Banyak tips yang menyarankan agar menggunakan warna terang dan netral untuk kamar mandi. Tujuannya tentu membuat kamar mandi tampak luas dan terang.

3. Pertimbangkan ukuran keramik

Pilihan ukuran keramik untuk lantai atau dinding kamar mandi terus berkembang. Beberapa tahun yang lalu, ukuran keramik yang kecil pernah menjadi standar yang digunakan di mayoritas kamar mandi. Namun, dalam perkembangannya, kamar mandi yang menggunakan lantai keramik berukuran kecil, seperti mozaik, dapat meningkatkan kesan kotak sehingga membuat kamar mandi terasa lebih kecil.

4. Ukuran Ubin Kamar Mandi

Sebenarnya ukuran ubin tidak harus ditentukan oleh ukuran kamar mandi. Kamar mandi kecil yang menggunakan ubin besar menimbulkan kesan ruangan tampak lebih luas. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya Anda meminta beberapa contoh ukuran keramik dari model yang Anda suka untuk memastikan ukurannya sebelum Anda membelinya.

5. Cermat Memilih Model Keramik

Sekarang kita sampai pada pemilihan model keramik. Supaya lebih mantap saat memilih model keramik sesuai selera dan manfaatnya tepat. Simak beberapa tips di bawah ini dulu.

Padukan bentuk geometris yang unik untuk memberi kesan artistik. Kita juga bisa menggabungkan beberapa bentuk geometris, seperti segitiga, belah ketupat, segi enam, oktagon, dan trapesium sehingga terihat menarik dan unik. Pilihlah corak halus atau warna mencolok untuk mempertajam bentuk geometrinya.

Kita bisa memilih keramik yang mengilap, metalik, atau mutiara yang akan meningkatkan pantulan cahaya pada ruangan. Pantulan cahaya memberikan kesan proporsi ruangan yang lebih megah. Trik ini bisa kita terapkan untuk kamar mandi mungil.

Keramik berpola ramai akan membuat dinding menonjol secara visual sehingga kamar mandi terasa lebih kecil. Untuk menyiasatinya, kita bisa memadukannya dengan keramik polos berwarna terang di atasnya. Jadi, lantai keramik bercorak ramai dengan dinding keramik polos. Ini akan membuat ruangan terasa lebih besar dan ringan.

6. Pilih keramik dengan corak timbul agar tidak licin saat kita beraktivitas di kamar mandi.

Pilihlah keramik berpola untuk menambahkan kontras dinding dan lantai kamar mandi kita. Tujuannya tentu agar kamar mandi tidak membosankan. Aktivitas di kamar mandi pun harus nyaman bukan?!



























































































































No comments