Vaksin Hari Ini. Asa Baru Penanggulangan Covid-19

vaksin covid-19
unsplash.com

Pemberian vaksin perdana yang diselenggarakan hari ini menjadi harapan baru masyarakat untuk memutus rantai penularan Covid-19. 

Kehadiran vaksin ini juga diharapkan meningkatkan ketahanan kita sebagai bangsa, baik dalam hal kesehatan maupun sosial ekonomi.

Rabu (13/01/2020) pagi tadi, Presiden Jokowi, Kapolri Idham Azis, Raffi Ahmad sebagai perwakilan anak muda, dan beberapa tokoh masyarakat menerima vaksin perdana.  Setelah pemberian vaksin perdana hari ini, diharapkan distribusi vaksin berjalan lancar dan tepat sasaran.

Vaksin menjadi tumpuan harapan masyarakat Indonesia juga dunia untuk membantu menanggulangi Covid-19 dengan melandaikan kurva pertambahan kasus. 


Di samping upaya 3M yang terus digalakkan, vaksinasi menjadi bagian langkah penting intervensi dalam pandemi Covid-19. 

Pemberian kekebalan tubuh untuk melawan virus ini sudah diketahui kemanjurannya dalam mengendalikan wabah yang terjadi di dunia.

Sekilas soal vaksin

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan 2 sampai 3 juta jiwa terselamatkan setiap tahunnya di seluruh dunia berkat vaksin. 

Sejak Edward Jenner menemukan vaksin cacar pada tahun 1976,  beragam vaksin lain diproduksi dengan tujuan yang sama. Vaksin diproduksi untuk menyelamatkan manusia dari penyakit menular yang mematikan.

Seperti yang sudah kita ketahui, di dunia sudah banyak vaksin yang beredar dan terbukti bermanfaat bagi kesehatan. 

Beberapa vaksin yang familiar di masyarakat, di antaranya adalah vaksin campak, polioi, rabies, hepatitis B, difteri, dan sebagainya. 

Salah satu kesuksesan vaksin yang paling besar adalah saat WHO berhasil menghapus cacar dengan cara memperluas cakupan vaksinasi cacar hingga ke seluruh dunia pada tahun 1956. 

Akhirnya pada tahun 1980, penyakit cacar dinyatakan berhasil dimusnahkan. Etapi gimana dengan kita yang pernah kena cacar semasa kecil setelah tahun 1980? 

Mungkin musnah itu maksudnya cacar yang mematikan. Adanya vaksin cacar membuat kekebalan tubuh kita bisa mengatasi penyakitnya sehingga tidak berakibat pada kematian.

 Jadi, apa itu vaksin?

Vaksin adalah bahan antigenik yang mampu membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. 

Secara medis, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh berfungsi menstimulasi sistem imun tubuh untuk memproduksi imunitas terhadap suatu penyakit. 
 
Selanjutnya, jika virus atau bakteri yang sama masuk kembali ke dalam tubuh di masa depan, tubuh sudah mengenali dan tahu cara melawannya. 

Hal itu disebabkan antibodi yang sudah dibentuk mampu menghancurkan virus atau bakteri tersebut bahkan sebelum menyebar dan menyebabkan infeksi.
 
Hari-hari belakangan ini, muncul banyak perdebatan di masyarakat tentang efek samping vaksin. Akibatnya banyak orang ragu-ragu bahkan ada yang menolak divaksin. 

Pemberian vaksin kemungkinan memang menimbulkan efek samping. Kondisinya bisa seperti demam ringan, tidak nyaman, atau kemerahan/bengkak di lokasi bekas suntikan.
 
Namun, efek samping yang berat sangat jarang terjadi. Penting untuk dicamkan dan dipahami masyarakat bahwa vaksin ini sudah dipastikan keamanan serta kevalidannya melalui uji klinis berlapis terlebih dahulu. Setelah masa uji klinis selesai dan hasilnya aman tepercaya untuk masyarakat, vaksin pun diedarkan di masyarakat.

Kekebalan Kelompok

Vaksin tidak hanya berfungsi melindungi diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar kita.

Apabila sebagian besar orang dalam suatu komunitas telah divaksinasi untuk melawan suatu penyakit, kemampuan patogen untuk menyebar pun semakin terbatas. 

Virus atau bakteri tidak bisa menginfeksi orang yang sudah divaksin. Oleh karena itu, ia pun tidak berpotensi menjadi pembawa virus atau carrier yang dapat menularkannya kepada orang lain.

Nah, mereka yang sudah divaksin ini akan mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity). Kekebalan kelompok  merupakan situasi dengan mayoritas masyarakat terlindungi atau kebal terhadap penyakit tertentu. 

Kondisi demikian menimbulkan dampak tidak langsung pada kelompok masyarakat lain yang bukan sasaran imunisasi penyakit terkait.

Kekebalan kelompok ini artinya orang-orang yang sudah divaksin ikut melindungi kelompok masyarakat yang bukan target vaksinasi karena penyakit kronis atau imumitas rendah.

Kekebalan kelompok terjadi jika mayoritas orang dalam suatu kelompok divaksinasi. Namun jika yang divaksinasi sedikit, peluang terjadi Kejadian Luar  Biasa (KLB) menjadi lebih tinggi. Pada KLB, kasus penularan baru terjadi semakin masif.

Vaksinasi kini menjadi harapan baru untuk menanggulangi Covid-19. Tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk mereka yang kita sayangi.

Selain itu, tentu ini menjadi asa untuk memulihkan kondisi sosial dan ekonomi yang turut terdampak Covid-19. Dengan terkendalinya penyebaran Covid 19 berikut semakin berkurang pasien Covid-19, masyarakat bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Bekerja, sekolah, dan semua kegiatan di ruang publik kembali menemukan rasa aman dan nyamannya. 



31 comments

  1. Semoga bermanfaat ulasan tulisan vaksin, semoga menjadi penunjang referensi kesehatan

    ReplyDelete
  2. Manfaat vaksinasi bisa berdampak baik untuk lingkungan dan tentunya diri sendiri juga. Kuy siap-siap untuk divaksin, sebagai ikhtiar agar pandemi lekas berakhir

    ReplyDelete
  3. Asli jadi parno karena banyak hoax dan banyak yg kontra. Tp pas dah di mulai gini saya optimis dan yakin. Moga dengan vaksin ini awal untuk kita jd lepas dr belenggu corona

    ReplyDelete
  4. Vaksin menjadi jalan ampuh dan terbaik terciptanya herd immunity, daripada harus menunggu sekian juta penduduk dunia harus tertular virus lebih fulu
    Tapi selalu ada suara sumbang ya?

    ReplyDelete
  5. Semoga vaksin yang sekarang mulai giat disuntikkan dapat secara perlahan memusnahkan pandemi Covid-19 di negara kita. Sudah lelah rasanya tidak bisa berkegiatan bebas dan sangat terbatas dalam berinteraksi dengan orang lain. Terasa banget untuk saya yang komorbid, golongan yang paling rentan tersentuh virus.

    ReplyDelete
  6. ah benar sekali mbak, vaksin menjadi harapan baru untuk mengatasi pandemi yg tak kunjung mereda ini
    semoga segera terdistribusi dgn mearata ya

    ReplyDelete
  7. vaksin merupakan hal yang sangat penting dalam mengatasi pandemi. dan terbukti efektif dalam mengatasi penyebaran infeksi virus dalam suatu komunitas. Namun masih banyak saja orang-orang yang melakukan penolakan dikarenakan kurangnya pengetahuan yang dimiliki tentang vaksin. Semoga dengan artikel ini dan penyelasan lainnya makin banyak orang yang tercerahkan tentang pentingnya manfaat vaksin untuk diri sendiri dan orang sekitar.

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan ditemukannya vaksin covid 19 ini bisa membuat pandemi ini hilang ya, sehat selalu semuanya hehe

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, semoga distribusi Vaksin ini bisa diterima semua pihak dan terdistribusi secara merata dan secepatnya agar penyebaran Covid 19 semakin berkurang dan kita semua bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman. Aamiin

    ReplyDelete
  10. Menanti vaksin dipojokan, dan siap untuk divaksin meski ada beberapa tahap, insyallah akan membantu semuanya, memulihkan perekonomian, kesehatan, dll.
    Tapi semoga masyarakat pun tetep sadar bahwa vaksin bukan hal penting banget,masih ada yang terpenting 3M nya ditingkatkan terus. Semoga berlalu wabah ini secepatnya.

    ReplyDelete
  11. terkadang masyarakat masih meragukan dengan efek samping terhadap vaksin covid-19. Kudu bersiap-siap juga nih kita untuk segera di vaksin.

    Sudah lama sekali saya udh gak pernah di vaksin lagi

    ReplyDelete
  12. Hi kak salam kenal ya. Semoga dengan adanyanya Vaksin ini bisa menjadi awal yang baru bagi dunia ya kak. Semoga kita semua sehat-sehat dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengupdate informasi seputar kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Vaksin bukan obat, tapi pelindung diri dan pelindung untuk keselamatan bagi orang lain. Jika kita terpapar tidak sesakit jika tak menggunakan vaksin.

    ReplyDelete
  14. Beruntung vaksin ditemukan dan dibagikan gratis ya?
    Jika menunggu herd immunity dengan 3/4 penduduk tertular dulu. Duh horor deh

    ReplyDelete
  15. Semoga dengan program vaksinasi covid-19 bisa terbentuk kekebalan kelompok. Semoga walaupun sudah vaksin, masyarakat masih mematuhi prokes dengan baik sampai pandemi ini benar-benar usai.

    ReplyDelete
  16. vaksin menjadi sebuah harapan baru di tengah pandemi yang tak kunjung usai ya mbak
    selain itu juga tetap harus disiplin menjalankan prokes tentunya

    ReplyDelete
  17. Saya menaruh harapan besar nih mba dengan adanya vaksin ini. Semoga vaksinasi dapat menjangkau semua lapisan masyarakat, tidak ada lagi yang takut untuk divaksin, dan Indonesia kembali pulih seperti sedia kala. Aamiin ;)

    ReplyDelete
  18. ikut senang ya mbak dengan keberadaan vaksin yang sudah ada ini. Tapi tentunya tahapannya masih panjang untuk sampai ke kita. semoga orang2 tetap melaksanakan protokol dengan baik dan ketat.

    ReplyDelete
  19. Setuju banget. Adanya vaksin memang jadi harapan baru untuk kita. Semoga Wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  20. Meski banyak yang menjelaskan tentang vaksin ini, aku dan keluarga masih aja takut di vaksin. Hmmmmm

    ReplyDelete
  21. Saya termasuk yang mendukung vaksin ini karena ini untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. emang sih tidak langsung lenyap yang namanya virus tapi setidaknya dalam tubuh yang divaksin sdh siap melawan virus ..

    ReplyDelete
  22. Semoga proses vaksinasi covid ini cepat dilaksanakan menyeluruh sehingga yang kelompok rentan dapat terlindungi ya.

    ReplyDelete
  23. Semoga semakin banyak orang yang sadar pentingnya vaksin dan mau belajar supaya herd imunity untuk penyakit covid bisa terbentuk dan pandemi segera usai

    ReplyDelete
  24. Vaksin memang jadi harapan yaa mba biar pandemi ini cepat selesai, walaupun kadang denger berita tentang KIPI vaksinnya juga agak meresahkan

    ReplyDelete
  25. Hmm..aku masih galau nuh mba mau vaksin ga nantinya, kyaknya nunggu klo vaksin anaknya dah ada aja, heheh

    ReplyDelete
  26. Perjalanan mengalahkan Covid19 memang masih panjang. Tapi dengan vaksin ini harapan makin besar, walaupun Saya nggak tahu kebagian kapan pas cek di website belum terjadwal katanya. Ay Semangat semua 3 M nya

    ReplyDelete
  27. Sedang bertahap ya pemberian vaksin, semoga juga jadi jalan agar pandemi ini lekas berakhir

    ReplyDelete
  28. Aamiin Ya Rabbal Aalamin, semoga virus covid cepat pergi dan dunia kembali normal

    ReplyDelete
  29. Dalam kasus cacar yang masih ada namun tidak mematikan , aku jadi membayangkan, memungkinkan terjadi pad Covid ga ya?

    ReplyDelete
  30. Semoga ya vaksin covid ini berhasil menumbuhkan kekebalan diri dan kelompok :)

    ReplyDelete