Harga Ikan Koi Terbaru, 1 Ekor Ikan Koi Bisa Tembus 2 Juta

Semenjak pandemi corona (Covid-19), banyak hobi baru yang menjadi tren di masyarakat. Salah satunya memelihara ikan koi. Hobi ini muncul sebagai salah satu cara mengisi waktu luang yang berlimpah selama harus tetap di rumah. Diharapkan dengan mempunyai aktivitas menyenangkan di rumah, badan dan pikiran tetap fit sehingga kekebalan tubuh terjaga senantiasa.


dok. pinterest.com

Bagi kamu pecinta ikan hias, pasti ikan koi tidak bakal terlewatkan dari daftar koleksi ikan hias wajib punya. Ikan koi mempunyai banyak jenis dengan harga yang amat beragam. Untuk mengetahui kisaran harga ikan koi, saya pun berselancar di e-commerce lokal. Berikut ini hasilnya.

Baca juga: Sawah Resto Nologaten, Kulineran Terbaik di Jogja

1. ikan koi chagoi (harga: Rp 225.000-Rp 400.000)

Ikan koi chagoi terhitung harganya cukup murah di pasaran. Corak ikan ini merupakan perpaduan abu-abu dengan susunan kuning keemasan yang tipis. Ikan koi yang satu ini tidak mempunyai warna yang unik.

2. ikan koi geromo (harga: Rp 400.000 - Rp 600.000)

Ikan koi satu ini merupakan hasil persilangan, umumnya koi geromo mempunyai 4 corak warna yakni; indigo, gelap, jingga, serta ungu. Harganya lumayan variatif.

3. ikan koi shiro utsuri (harga: Rp 600.000 - Rp 800.000)

Ikan koi Shiro Utsuri berwarna putih dengan bintik-bintik gelap. Harga ikan ini di marketplace relatif lebih mahal dibandingkan koi chagoi.

4. ikan koi showa sanshoku (harga: Rp 1.000.000 - Rp 1.200.000)

Ikan koi showa mempunyai ciri khas pada warna. Pada kulitnnya yang berwarna putih, terdapat bintik gelap serta merah.

5. ikan koi ogon (harga: Rp 1.500.000 - Rp 1.600.000)

Ikan koi ogon mempunyai corak yang unik. Dominasi corak putih membuat harganya lumayan mahal. Koi jenis ini termasuk ikan koi termahal serta terlangka.

6. ikan koi kumpay slayer (harga: Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000)

Ikan koi berjenis kumpay slayer disebut juga ikan koi butterfly karena siripnya yang panjang seperti kupu-kupu. Harganya terbilang super mahal.

Baca juga: Dirty Chicken, Tempat Makan Andalan Mahasiswa Jogja

Cara membeli ikan koi yang bagus

1. Pilih ikan koi dengan postur simetris

Hal pertama yang perlu dicermati saat memilih jenis ikan koi lokal ialah memilih ikan koi dengan postur simetris. Punggungnya lurus serta sedikit melengkung saat ikan berenang. Lihat dengan cermat agar tidak salah memilih jenis ikan koi terbaik yang diinginkan. Biasanya perbandingan panjang serta besar yang maksimal ialah sebesar 3:1. Tidak hanya itu bila dilihat lebih dekat, ikan koi lokal yang baik pastinya tidak mempunyai cacat.

2. Pilih koi dengan corak jelas dan tegas

Berikutnya yang tidak kalah penting yaitu memilih jenis ikan koi yang mempunyai corak cukup jelas serta tegas. Misalnya bila corak dasar ikan koi ialah merah ataupun putih maka sebaiknya cek dominasi corak tersebut. Jangan terlalu banyak campuran agar masing-masing warna tetap tampak jelas dan tegas..

3. Ikan koi yang bagus bercorak unik

Selanjutnya cara memilih ikan koi yang bagus dan bermutu ialah memastikan ikan koi mempunyai warna yang unik. Bila warna yang terbentuk unik serta berbeda, biasanya harga ikan koi tersebut cukup mahal di pasaran.

Namun sebaiknya, yakinkan lebih dulu kalau warna tersebut natural serta bukan buatan. Apabila warna di tubuh ikan koi menyerupai huruf atau lambang tertentu, ikan koi jenis ini bakal lebih banyak dicari ataupun diminati oleh pecinta ikan koi.

4. Perhatikan pola corak koi

Tips selanjutnya untuk seseorang pemelihara ikan koi pemula adalah mencermati pola corak yang ada pada tubuh ikan koi. Perhatikan dengan jelas bagian perut dan mulut ikan koi. Umumnya bagian ini didominasi corak putih.

--

Demikian ulasan tentang Harga Ikan Koi Terbaru. Bagi para pecinta ikan hias, memelihara ikan dapat meningkatkan rasa senang di tengah pandemi Covid-19. Bersenang-senanglah dengan kegiatan bermanfaat. Apalagi jika kegiatan itu tidak hanya bermanfaat untuk kita sendiri, tetapi juga untuk orang lain di sekitar kita.

1 comment

  1. Memelihara ikan koi di kolam halaman rumah itu menyenangkan. Depan rumah ada kolam ikan namun isinya bukan koi, jika diisi koi semakin menarik isi kolam. Jadi pengen melihara koi

    ReplyDelete