Serunya Wisata Dunia Bawah Laut Bareng Paddle Pop dan Jakarta Aquarium

Siapa yang tak suka es krim? Saya kira penyuka es krim hampir sama banyaknya dengan penyuka coklat. 

Siapa yang tak kenal Paddle Pop? Saya kira 80 persen anak-anak pasti mengenal es krim bergambar tokoh singa petualang dan berwajah ramah itu. 

Kali ini, kita tidak sekadar menikmati es krim, tetapi juga diajak berwisata ke dunia bawah laut. Bareng siapa aja nih? tentu saja bareng Paddle Pop. 

Ada satu teman lagi sebagai guide kita. Namanya Kak Sigi. Dia akan menemani kita berwisata sekaligus mengenal biota laut. 

Seaventure bareng Paddle Pop
Paddle Pop Seaventure

Oh ya, karena wisatanya di bawah laut, Kak Sigi memakai pakaian selam komplet. Ada oksigen dan kaca mata selamnya juga. Kak Sigi menyelam di aquarium terbesar di Indonesia. Namanya Jakarta Aquarium. 

Paddle Pop Seaventure
siap wisata ke dunia bawah laut

Cara Berwisata ke Dunia Bawah Laut Bareng Paddle Pop

Sebelum kita menjelajah dunia bawah laut, saya kasih tau cara ikutannya dulu yaa..

1. Beli Paddle Pop minimal empat pcs varian apa saja di Lafamart/Alfamidi/Indomaret

2. Masuk ke laman Paddle Pop di https://paddlepopmainyuk.com

3. Kita akan menjumpai tampilan seperti ini 

Cara ikut Seaventure bareng Paddle Pop


4. Kita klik belum punya. Nanti muncul tampilan selanjutnya.

Paddle Pop Seaventure

5. Kode unik dikirim maksimal 3x24 jam. Setelah dapat kode unik, kita bisa mulai berwisata di dunia bawah laut.

Oh ya, kode unik ini hanya bisa digunakan sebanyak 3x. Jadi, kalau kita pakai kode unik di ponsel, kita bisa pakai selama 12 jam. Asal ngga ganti perangkat lain. 

Jika setelah nonton di ponsel, kita mau pindah ke laptop, kode unik yang digunakan sudah dihitung 2x penggunaan. Sisa 1x lagi. 

Kalau jatahnya sudah habis, trus masih ingin nonton, kita beli es krim Paddle Pop 4 pcs lagi. Selanjutnya, ikuti mekanisme sejak awal. Semangaat! 

Keseruan Wisata Virtual Bawah Laut Bareng Paddle Pop

Yuhuuu! waktunya wisata nih.. Yuk, kenalan dulu sama Kak Sigi sebagai guide kita. Kak Sigi akan mengajak kita melihat-lihat berbagai hewan laut. Let's goo..

Gurita Si Hewan Cerdas

Hewan laut pertama yang kita jumpai adalah gurita. Hewan laut ini punya delapan lengan lho. 

Selain lengannya banyak, gurita juga termasuk hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrata. 

Mengapa? karena ada banyak syaraf yang tersebar di delapan lengan gurita. Delapan lengan ini digunakan untuk bergerak.

Gurita di Seaventure Paddle Pop

Nah, gurita punya cara unik untuk melindungi dirinya. Dia dapat mengubah warna kulit dengan sangat cepat, kurang dari 1 detik!

Gurita juga dapat mengubah tekstur kulitnya sehingga terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar. Ia bisa berbentuk paku, benjolan, atau berbukit-bukit.  

Luar biasa bukan?! Gurita ini kalau di darat seperti bunglon mungkin ya. 

Ikan Pari Saudara Ikan Hiu

Biota laut kedua yang kita temui adalah ikan pari. Bentuknya pipih seperti layang-layang. 

Ternyata ikan pari berkerabat dekat dengan ikan hiu. Meski berkerabat, ikan pari tidak punya gigi setajam ikan hiu. 

Ikan pari juga bisa kita konsumsi.  Kadangkala kami mengonsumsi pari asap saat berlibur di Kota Batang, Jawa Tengah. 

Paddle Pop Seaventure

Ikan pari berkembang biak dengan bertelur. Mereka menyimpan telur-telurnya di perairan pantai yang dangkal atau di terumbu karang. 

Jadi, kalau terumbu karang rusak, yaah...ikan pari pun kehilangan tempat untuk menyimpan telur-telurnya. 

Salah satu penyebab rusaknya terumbu karang adalah sampah-sampah yang menumpuk di lautan. 

Duuh...kenapa sih masih buang sampah sembarangan?

Ikan Parimata Yang Baik Hati

Setlah ikan pari lewat, kita lihat ada ikan parimata. Kali ini ikan parimata tampil dalam wujud animasi. 

Ikan-ikan di punggung ikan parimata

Apa yang unik dari ikan parimata? Ikan ini tergolong ikan yang ramah dengan manusia. Ia juga baik hati pada ikan-ikan lainnya.

Ikan parimata mengizinkan ikan-ikan kecil menumpang di punggungnya untuk mencari makan. Ikan-ikan kecil ini ternyata membantu ikan parimata membersihkan dirinya. 

Hm..dengan kata lain, apakah makanan yang dimaksud adalah kotoran yang ada di punggung ikan parimata? huehehe.. 

Dugong Yang Keibuan

Tahukah kamu fungsi dua tangan pada dugong? Apakah untuk berenag atau memeluk anaknya? 

Yups, dua tangan dugong digunakan untuk memeluk anaknya. Karena itu, dugong tampak keibuan. 

Dugong adalah sejenis mamalia laut. Ia termasuk herbivora alias pemakan tumbuh-tumbuhan. Dugong bisa hidup lama hingga usia 22 - 25 tahun. 

Sayangnya kerusakan lingkungan dan perburuan menyebabkan dugong menjadi langka. Kini dugong termasuk dalam spesies rentan punah. 

Duh..duuh..tangan-tangan manusia ini kok banyak yang tidak punya kepedulian pada pelestarian lingkungan? :(

Atraksi Mermaid

Perjalanan terakhir adalah menyaksikan atraksi mermaid yang menari dengan cantik. 

Sulung saya yang sudah remaja sangat menyukai bagian ini. Kelenturan para mermaid meliuk-liuk di bawah laut memang mengagumkan. 

Kebayang kalau bisa lihat langsung ya? Pasti berdecak kagum tanpa henti.

Manfaat Berwisata Bawah Laut Bareng Paddle Pop

Apa saja sih manfaat kita berwisata virtual di dunia bawah laut bersama Paddle Pop selama lima belas menit?

1. Mengenal biota laut

Wawasan kita bertambah tentang aneka biota laut. Tidak hanya namanya, tetapi juga wujud serta karakter mereka.

2. Edukasi ekologi laut

Dalam wisata ini dijelaskan juga kondisi terkini biota laut. Kerusakan lingkungan, perburuan, dan sebagainya membuat lautan terancam rusak dan biota lautnya punah. 

Kondisi itu tentu berbahaya bagi kelestarian lingkungan secara menyeluruh. Tidak hanya di lautan, tetapi juga di daratan. 

Dengan mengetahui pentingnya kelestarian ekosistem laut untuk keseimbangan alam semesta, anak-anak bisa diberi pemahaman agar ikut menjaga kelestarian lingkungan.

3. Kreatif dan Aktif

Banyak permainan yang kita ikuti selama berwisata di bawah laut. Tidak hanya berkenalan dengan biota laut, tetapi juga ikut beragam aktivitas. Apa sajakah ? Di antaranya kuis, trik sulap, dan kompetisi foto.

• Kuis seputar biota laut

Ini dua kuis dari lima kuis yang diajukan Kak Sigi saat wisata bawah laut. Ayoo, berapa jumlah lengan gurita? :D


•  Trik sulap

Saya coba ikutan trik ini. Menarik juga karena berapa pun angka yang kita pilih, hasilnya tetap angka 3. Bener-bener sulap. hahaha...


•  Kompetisi Foto 

Kompetisi foto juga tidak kalah menarik. Berkreasi dengan twibbon, kami mencocokkan ukuran-ukuran foto yang kami punya agar pas dipasang dalam twibbon. 

Hasilnya? "Arinah sukaa deh," ujar Arin antusias. 

kreasi untuk kompetisi foto 

Gimana nih, sudah belanja es krim Paddle Pop-nya belum? Ayo buruaan supaya bisa ikutan wisata dunia bawah laut juga kayak kita. Kabar-kabari kesanmu kalo sudah ber-seaventure bareng Paddle Pop yaa..

Salam Cinta Lautan :)




1 comment

  1. aku suka ice cream mbak, kalau satu kurang hahaha
    seru ini bisa wisata dunia bawah laut apalagi kalau aku ajak keponakan ya, bisa berkreasi juga

    ReplyDelete