5 Penyebab Gusi Berdarah pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Gusi berdarah saat menyikat gigi untuk sebagian orang adalah hal biasa. Namun saat hamil, kondisi sekecil apa pun kerap menimbulkan kekhawatiran. Supaya tidak khawatir terus, sebaiknya kita kenali dulu penyebab gusi berdarah pada ibu hamil.

penyebab gusi berdarah
dok. istockphoto.com

Gusi berdarah disebut juga penyakit gusi atau gingivitis. Gusi berdarah bisa disebabkan oleh aktivitas keseharian. Semua orang bisa mengalami gingivitis. Namun, gusi berdarah pada ibu hamil penyebabnya agak berbeda dengna yang dialami mereka yang tidak hamil. Penyebab gusi berdarah pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan.

5 Penyebab Gusi berdarah pada Ibu Hamil

1. Hormonal

Saat hamil, terjadi perubahan hormonal dalam tubuh kita. Ini tentu saja sudah dipahami sebagian besar ibu hamil. Nah, peningkatan hormon progesteron pada tubuh kita membuat gusi kita lebih sensitif terhadap keberadaan bakteri pada plak.

2. Morning sickness

Kondisi ini biasanya dialami pada trimester pertama. Namun jika pada trimester kedua, kita masih mengalaminya, pastikan kita berkumur setelah muntah. Tujuannya untuk membersihkan asam dari perut kita. 

Tunggu sekitar 1 jam apabila ingin menyikat gigi kembali. Mengapa demikian? Karena asam dapat melunakkan enamel pada gigi kita.  Akibatnya gusi kita mudah berdarah. 

Berkumurlah dengan air biasa kemudian bilas dengan 1 sendok teh baking soda yang dilarutkan dalam 1 gelas. 

3. Kurang Vitamin C

Bagi ibu hamil, kekurangan vitamin C menyebabkan pembengkakan pada gusi. Gusi akan terasa sakit kemudian berdarah. 

Agar kondisi tersebut tidak berlarut-larut, ibu harus mengonsumsi vitamin C dengan cukup. Selain untuk kesehatan gigi dan gusi, 
vitamin C berfungsi untuk daya tahan ibu hamil dan perkembangan janin. 

4. Perubahan pola makan

Pada umumnya ibu hamil mengalami perubahan dalam dietnya. Banyak yang mempraktikkan makan sehat. Namun ada pula yang mengonsumsi makanan apa pun untuk memuaskan keinginannya. Salah satu akibatnya ibu hamil bisa kekurangan vitamin K. 

Vitamin K berfungsi untuk membantu terjadinya pembekuan darah di tubuh. Jika ibu hamil mengalami kekurangan vitamin K, akan terjadi kesulitan pembekuan darah di tubuh. Hal ini akan membuat tubuh mudah terluka dan berdarah, serta pendarahan yang terjadi juga akan lebih sulit untuk berhenti. 

5. Merokok

Semua ibu hamil seharusnya menghindari merokok juga menghirup asap rokok. Selain mengganggu perkembangan janin, merokok juga berdampak buruk pada kesehatan mulut ibu hamil.

Hasil penelitian menjelaskan merokok akan mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Terutama ibu hamil perokok akan . lebih mudah terkena gusi bengkak. Selanjutnya seperti yang ditebak, akan mempermudah terjadinya iritasi dan pendarahan pada gusi.


1 comment