Pahami 6 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi

6 tips sehat dan bersih saat menstruasi
dok.freepik.com

"Apa yang terjadi saat kita menstruasi?" 
"Apa yang harus kita lakukan saat mengalami menstruasi?"
"Kapan kita mengalami menstruasi?"

Sejujurnya saya tidak mengalami kebingungan dengan  menstruasi ketika mengalaminya pertama kali. Pertanyaan-pertanyan dasar seputar menstruasi juga tidak pernah muncul di benak saya. 

Ketika teman-teman seusia saya sudah mulai membahas hari pertama menstruasi dan cara mereka memakai pembalut, saya cukup menjadi pendengar setia. 

Saat itu saya merasa tidak ingin mengalaminya dulu. Saya tidak ingin menjadi dewasa. Perubahan bagian-bagian tubuh yang menandakan kematangan biologis pun membuat saya tidak nyaman. Bagi saya yang saat itu masih SMP, mengalami menstruasi dan perubahan spesifik pada tubuh adalah hal yang tidak asyik sama sekali.

Saya masih ingat sehari setelah dua teman akrab saya bercerita dengan antusias hari pertama menstruasinya, saya menyusul kemudian. Tepatnya 13 Mei 1993, saya mengalami menstruasi pertama kali. Karena sebelumnya sudah diceritakan, saat menstruasi, saya sudah tidak asing apalagi kaget.

Waktu itu orang yang pertama tahu bukan ibu saya, melainkan tante saya. Dengan sigap, tante menyiapkan pembalut dan mengajari cara memakainya. Setelah ibu tahu, nasihat-nasihat seputar menjaga diri sebagai perempuan dewasa pun mulai sering saya dengar. Baiklah, meski tidak suka, fase ini tetap saya alami karena saya perempuan.

Mengenal Menstruasi

Menstruasi adalah keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim. Masa menstruasi terjadi dalam satu periode setiap bulannya. Biasanya setiap 28 atau 21– 35 hari. 

Menstruasi adalah kondisi yang normal dialami setiap perempuan di dunia. Ketika ia mengalami menstruasi, artinya ia sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak). Alasannya karena kehamilan didahului proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.

Namun dalam praktiknya tentu tidak sesimple itu. Asal sudah menstruasi, seorang anak perempuan sudah bisa dinikahkan. Ini yang terjadi di banyak wilayah di negeri kita. Padahal rahimnya masih belum kuat serta mentalnya pun masih jauh dari matang.

6 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi

Begitu vitalnya peran menstruasi dalam kehidupan perempuan, digagaslah Hari Kebersihan Menstruasi. Sebutan lain untuk Menstrual Hygiene Day. Perayaan ini diselenggarakan setiap 28 Mei. Alasannya karena rata-rata satu periode menstruasi sebanyak 28 hari.

Sesuai dengan namanya : Hari Kebersihan Menstruasi atau Menstrual Hygiene Day, fokusnya tentu pada kebersihan dan kesehatan organ intim perempuan.

Kampanye menjaga kebersihan saat menstruasi selalu menjadi tema besar dalam setiap perayaan Hari Kebersihan Menstruasi. Seperti yang dibahas dalam Menstrual Hygiene Day 28 Mei 2021 baru-baru ini.



Lebih lanjut Prof. Dwiana menerangkan, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.

 Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar; hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan; gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.”

Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan, “Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat mengalami menstruasi. 

Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. 

Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. 

Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak :

 (1) Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; 

(2) Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya;
 
(3) Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; 

(4) Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan;

 (5) Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi;

 (6) Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; 

(7) Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.”

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. 

Melalui kegiatan edukasi ini,Betadien berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 

Untuk pembelian secara daring bisa cek infonya di https://shopee.co.id/betadineofficial atau https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product 

Yuk, lebih aware dengan kesehatan reproduksi kita. Semua dimulai dari jaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi.

4 comments

  1. Penting banget jaga kebersihan saat menstruasi. Wajib paham cara bersih dan jaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  2. Peran ibu penting banget kasih edukasi utk jaga kesehatan dan kebersihan saat Menstruasi

    ReplyDelete
  3. Sehat dan bersih saat menstruasi penting banget

    ReplyDelete
  4. Pengetahuan pertama tentang menstruasi saya dapat dari nenek saya karena ibu saya pada masa itu masih sangat sibuk bekerja.

    ReplyDelete