Pahami 6 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi

6 tips sehat dan bersih saat menstruasi
dok.freepik.com

"Apa yang terjadi saat kita menstruasi?" 
"Apa yang harus kita lakukan saat mengalami menstruasi?"
"Kapan kita mengalami menstruasi?"

Sejujurnya saya tidak mengalami kebingungan dengan  menstruasi ketika mengalaminya pertama kali. Pertanyaan-pertanyan dasar seputar menstruasi juga tidak pernah muncul di benak saya. 

Ketika teman-teman seusia saya sudah mulai membahas hari pertama menstruasi dan cara mereka memakai pembalut, saya cukup menjadi pendengar setia. 

Saat itu saya merasa tidak ingin mengalaminya dulu. Saya tidak ingin menjadi dewasa. Perubahan bagian-bagian tubuh yang menandakan kematangan biologis pun membuat saya tidak nyaman. Bagi saya yang saat itu masih SMP, mengalami menstruasi dan perubahan spesifik pada tubuh adalah hal yang tidak asyik sama sekali.

Saya masih ingat sehari setelah dua teman akrab saya bercerita dengan antusias hari pertama menstruasinya, saya menyusul kemudian. Tepatnya 13 Mei 1993, saya mengalami menstruasi pertama kali. Karena sebelumnya sudah diceritakan, saat menstruasi, saya sudah tidak asing apalagi kaget.

Waktu itu orang yang pertama tahu bukan ibu saya, melainkan tante saya. Dengan sigap, tante menyiapkan pembalut dan mengajari cara memakainya. Setelah ibu tahu, nasihat-nasihat seputar menjaga diri sebagai perempuan dewasa pun mulai sering saya dengar. Baiklah, meski tidak suka, fase ini tetap saya alami karena saya perempuan.

Mengenal Menstruasi

Menstruasi adalah keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim. Masa menstruasi terjadi dalam satu periode setiap bulannya. Biasanya setiap 28 atau 21– 35 hari. 

Menstruasi adalah kondisi yang normal dialami setiap perempuan di dunia. Ketika ia mengalami menstruasi, artinya ia sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak). Alasannya karena kehamilan didahului proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.

Namun dalam praktiknya tentu tidak sesimple itu. Asal sudah menstruasi, seorang anak perempuan sudah bisa dinikahkan. Ini yang terjadi di banyak wilayah di negeri kita. Padahal rahimnya masih belum kuat serta mentalnya pun masih jauh dari matang.

6 Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Saat Menstruasi

Begitu vitalnya peran menstruasi dalam kehidupan perempuan, digagaslah Hari Kebersihan Menstruasi. Sebutan lain untuk Menstrual Hygiene Day. Perayaan ini diselenggarakan setiap 28 Mei. Alasannya karena rata-rata satu periode menstruasi sebanyak 28 hari.

Sesuai dengan namanya : Hari Kebersihan Menstruasi atau Menstrual Hygiene Day, fokusnya tentu pada kebersihan dan kesehatan organ intim perempuan.

Kampanye menjaga kebersihan saat menstruasi selalu menjadi tema besar dalam setiap perayaan Hari Kebersihan Menstruasi. Seperti yang dibahas dalam Menstrual Hygiene Day 28 Mei 2021 baru-baru ini.

Prof. Dwiana sebagai salah satu narasumbe dalam Webinar Menstrual Hygiene Daya menjelaskan bahwa perawatan area vagina harus diperhatikan setiap hari tidak hanya saat menstruasi. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.

Bagaimana cara menjaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi?

1. Basuh area kewanitaan dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar. 
2. Hindari membersihkan area kewanitaan dengan sabun mandi. Gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai  
    dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan.
3. Gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan area kewanitaan.
4. Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan area kewanitaan.
5. Gunakan celana dalam berbahan katun. Ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. 
6. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA 
    secara teratur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan pentingnya anak perempuan diajak berdiskusi tentang persiapannya menjalani fase menstruasi. Ibu bisa menjelaskan fase itu sebelum anak mengalaminya. Setelah ia menstruasi, anak akan merasa nyaman menceritakan perasaan dan kondisi fisik yang dialaminya. 

Ibu sebagai madrasah anak seharusnya meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya. Obrolan dari hati ke hati seputar girl's stuff macam ini manfaatnya sangat banyak. Anak mendapat pemahaman cara menajaga kesehatan reproduksi. Selain itu, bonding ibu dan anak semakin erat. 

Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. Ibu harus menambah dan memperkaya wawasannya mengenai kesehatan reproduksi. Upayakan membahas hal ini dengan santai dan menyenangkan. 

Untuk urusan reproduksi, banyak keluarga yang masih canggung membicarakannya dengan anak. Padahal obrolan ini merupakan bagian dari seks edukasi. Itu penting dan perlu agar anak mendapat informasi dari pihak yang tepat, yaitu orangtuanya. Jadi, informasi yang diterimanya tidak akan menyesatkan.

Ada baiknya Ibu lebih banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi. Tujuannya tentu agar anak lebih leluasa bercerita. Jika sudah leluasa, ia pasti akan terbuka bercerita. Ada kejujuran; ada transparansi dalam relasi ibu anak. What a happy familiy :)

Kampanye Edukatif Betadine Feminine Care

Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia, menyampaikan komitmen Mundipharma Indonesia untuk terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. 

Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI. Kolaborasi ini diwujudkan dalam program edukasi mengenai kebersihan menstruasi. Untuk mendukung program ini, pembagian Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ disampaikan kepada lebih dari 1.000.000 perempuan Indonesia. 

Melalui kegiatan edukasi ini, Betadien berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”

Untuk memenuhi kebutuhan perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya, BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi. Variasi produk tersebut adalah
  • pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik;
  • pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; 
  • pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator 
  • tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 
Betadine Feminine Care juga bisa dibeli secara daring. Silakan cek infonya di https://shopee.co.id/betadineofficial 
atau  di https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product 

Yuk, lebih aware dengan kesehatan reproduksi kita. Semua dimulai dari jaga kebersihan dan kesehatan saat menstruasi. Salam :)

29 comments

  1. Penting banget jaga kebersihan saat menstruasi. Wajib paham cara bersih dan jaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  2. Peran ibu penting banget kasih edukasi utk jaga kesehatan dan kebersihan saat Menstruasi

    ReplyDelete
  3. Sehat dan bersih saat menstruasi penting banget

    ReplyDelete
  4. Pengetahuan pertama tentang menstruasi saya dapat dari nenek saya karena ibu saya pada masa itu masih sangat sibuk bekerja.

    ReplyDelete
  5. Ibu memang madrasah pertama anak. Ibu seharusnya menjadi guru pertama tempat anak bertanya

    ReplyDelete
  6. Bener emang. Ibu itu madrasah untuk anak-anaknya. Tempat bertanya dan pembimbing yg luar biasa

    ReplyDelete
  7. Bagus ini hari kebersihan menstruasi. Perempuan ternyata sangat diperhatikan.

    ReplyDelete
  8. Wah, saya baru tau ada Menstruasi Hygiene Day, kak. Informasinya sangat bermanfaat nih

    ReplyDelete
  9. Jadi diingatkan lagi ttg jaga kebersihan saat menstruasi. Ganti pembalut 4 jam sekali. Noted

    ReplyDelete
  10. Oh, Betadine aman ya,kak? Soalnya selama ini ga berani pakai pembersih macam ini

    ReplyDelete
  11. Sebagai ayah, tulisan ini masukan juga buat saya untuk saya sampaikan pada putri tunggal saya.

    ReplyDelete
  12. Bener memang. Kualitas kehidupan kita ditentukan juga dengan cara kita menjaga kebersihan diri.

    ReplyDelete
  13. Pembahasan yang bener-bener baru buat saya. Dulu ga pernah bahas ginian sama ortu secara kami empat saudara cowok semua. Pengetahuan utk memahami istri kelak :D

    ReplyDelete
  14. Huaa...aku suka lupa ganti tiap 4 jam kalo lagi turun lapangan. Rempong soalnya. Duh, jadi malu..

    ReplyDelete
  15. Terima kasih banyak infonya mba. Jadi diingatkan lagi nih kalau kebersihan reproduksi juga sangat penting

    ReplyDelete
  16. Tipsnya berguna banget. Emang ya kalau lagi menstruasi itu harus ekstra jaga kebersihan

    ReplyDelete
  17. aku juga ih kadang suka kelupaan ganti setiap 4 jam sekali, terutama kalo lagi di luar suka males, atau kalo udah tinggal dikit hihihi

    ReplyDelete
  18. Pas banget aku lagi menstruasi hari pertama makasih tipsnya kak.

    ReplyDelete
  19. beruntungnya dulu diajari oleh ibu ketika mengalami menstruasi pertama

    ReplyDelete
  20. Menjaga kebersihan saat menstruasi memang sangat penting ya, teh. Apa lagi harus mulai di sosialisasikan pada anak2 remaja perempuan

    ReplyDelete
  21. Thank you banget Kak, tipsnya. Membantu banget

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak tipsnyA, bermanfaat banget. Ini yg cewe butuhkan

    ReplyDelete
  23. Semoga dengan edukasi ini, semua wanita nggak ada yang malas-malasan lagi ganti pembalut 4 jam sekali. BTW aku juga lagi niatin mau coba produk Betadine ini.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sekarang udah aware sama kebersihan area kewanitaan selama menstruasi. Karena aku udah gapake pembalut, menjaga area v tetap kering jadi salah satu caraku. Jadi sekarang selalu sedia tisu atau handuk khusus buat area v, dipake tiap habis pip/pup biar cepet kering

    ReplyDelete
  25. Penting bgt menjaga kesehatan miss v saat atau setelah mestruasi karna kalo engga efeknya jangka panjang bgt ya🥲

    ReplyDelete
  26. Kebersihan kewanitaan memang sangat mesti di jaga karena apa yang kita pakai menentukan ada atau tidaknya bakteri.

    ReplyDelete
  27. Emang kudu extra di perhatiin banget nih pas lagi datang bulan masalah kebersihannya, karena kalo kotor juga bakal kerasa ga nyaman banget

    ReplyDelete
  28. Bener banget kebersihan daerah intim penting bgt buat diperhatikan apalagi pas pms

    ReplyDelete
  29. Aku ga punya anak cewek, tapi ini memang perlu banget kalau nantinya punya anak cewek :)

    ReplyDelete