Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021 Media Belajar Masyarakat Melek Finansial

Tempo hari saya sempat jalan-jalan di pameran virtual bulan inklusi keuangan. Saat itu saya baru tahu kalau bulan Oktober ditahbiskan sebagai Bulan Inklusi Keuangan (BIK). Padahal Bulan Inklusi Keuangan (BIK) sudah diselenggarakan sejak tahun 2016. 

Bulan Inklusi Keuangan 2021
FINEXPO BIK 2021 


Ngomong-ngomong, inklusi keuangan itu apa sih? Inklusi keuangan adalah ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk, dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan masyarakat (Peraturan OJK No. 76/POJK.07/2016 tahun 2016). 

FINEXPO Bulan Inklusi Keuangan 2021

Tahun 2021, Bulan Inklusi Keuangan (BIK) digelar lagi pada Oktober 2021. Agenda tahunan ini diselenggarakan dalam event financial expo (FINEXPO). Karena pandemi belum benar-benar usai, financial expo dihelat secara virtual. 

Meskipun virtual, acaranya tetap menarik dan sarat informasi edukatif untuk masyarakat. Kelebihan lainnya tentu saja pameran virtual ini bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia. 

Selain itu, kesempatan untuk berkunjung ke semua booth bisa dilakukan. Waktunya lebih leluasa dan ngga perlu jalan mengelilingi area pameran seperti pada pameran offline.


bulan inklusi keuangan 2021
Ragam acara & peserta FINEXPO Bulan Inklusi Keuangan 2021

Supaya bisa jalan-jalan di pameran virtual ini, kita wajib registrasi dulu. Prosesnya mudah dan cepat kok. Setelah verifikasi identitas kita via email, kita bisa mengunjugi semua booth hingga mengikuti webinar edukasi setiap hari. 

 Ragam Acara FINEXPO BIK 2021?


1. Peserta BIK 2021

Peserta FINEXPO BIK 2021 berasal dari berbagai unsur lembaga jasa keuangan, asosiasi, dan e-commerce.

Peserta dari kementerian dan lembaga, di antaranya kementerian keuangan, kemenparekraf, dan OJK. Lembaga jasa keuangan yang mengikuti event ini sangat banyak dan bervariasi. Dari kelompok asuransi ada Prudential, AIA, Axa Mandiri, dsb. 

Peserta kelompok pasar modal ada Danareksa, BCA Sekuritas, dsb. Oh ya ada Kisi Sekuritas tempat saya bergabung belajar saham di pasar modal. halaah..Perbankan yang terlibat pasti banyak, bank plat merah dan bank swasta ambil bagian di event ini. 

Di FINEXPO BIK 2021 ini, kita juga bisa kenalan dengan lembaga keuangan syariah dan konvensional. Selain itu beragam fintech, pembiayaan, dana pensiun hingga pergadaian hadir di sini.

Gimana dengan asuransi? Jelas ada dong. Salah satunya Prudential. Saya sempat singgah di boothnya juga. Saya menyimak penjelasan Merry Triana tentang asuransi jiwa. Tayangannya sebentar, tapi mudah dipahami dan nempel di ingatan. 


Bulan Inklusi Keuangan 2021
Booth Prudential di Finexpo Bulan Inklusi Keuangan 2021



2. Promo/Program

Buat kamu tim pecinta promo, banyak banget promo dari semua booth di FINEXPO Bulan Inklusi Keuangan 2021. Promo diskon, cashback, free biaya pendaftaran, berbagai hadiah, dan lain sebagainya. 

Saya paling suka dengan promo Reksadana dan asuransi jiwa. Kebetulan dua produk finansial itu yang sedang saya butuhkan. Kalo kamu kira-kira lagi perlu info produk finansial yang seperti apa nih?



Bulan Inklusi Keuangan 2021
promo/program di Finexpo BIK 2021


3. Webinar Edukasi Finansial

Selama FINEXPO Bulan Inklusi Keuangan 2021 berlangsung 18 Oktober 2021-2 November 2021, kita bisa mengikuti webinar edukasi finansial secara gratis.

Tema webinarnya berbeda di setiap jam pada setiap harinya. Kita bisa mengecek jadwal webinar di bagian jadwal di laman finexpo-bik2021.id.


Tujuan Bulan Inklusi Keuangan

Dari sekian banak booth produk finansial yang dihadirkan pada FINEXPO BIK 2021, tujuannya terntu saja agar masyarakat melek finansial. Mengapa harus melek finansial? Simak penjelasan berikut ini.




Bulan Inklusi Keuangan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar paham literasi keuangan. Masyarakat bisa membiasakan diri menyisihkan penghasilannya untuk dana darurat, investasi, dan tabungan. 

Masyarakat dapat mengakses berbagai produk keuangan, seperti asuransi, kredit usaha, tabungan, pasar modal, dan sebagainya. Terbukanya akses terhadap produk keuangan disertai edukasi tentang perlindungan konsumen dan literasi keuangan yang benar.

Aktivitas masyarakat di bidang keuangan mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program ini diinisiasi pemerintah untuk meminimalisasi dampak pandemi Covid-19.

---

Masih ada sisa dua hari lagi nih! Kamu bisa memanfaatkan dua hari terakhir pameran virtual Bulan Inklusi Keuangan 2021 untuk mengunjungi semua booth di sana. 

Pasti banyak informasi sekaligus wawasan baru seputar dunia keuangan yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Salam literasi finansial :)

15 comments

  1. Yuhuu..Aku mampir juga ke pameran virtualnya lho. Trus belanja produk asuransi deh. hahaha

    ReplyDelete
  2. Makasih sharing informasinya. Saya masih awam banget dengan inklusi keuangan ini.

    ReplyDelete
  3. Yaah, saya baru baca artikel sekarang. Telat banget yak. Tunggu tahun depan deh 😀

    ReplyDelete
  4. Saya sempat baca info ini juga sekilas-sekilas. Baca tulisan ini jadi kebayang ada apa saja di eventnya.

    ReplyDelete
  5. Seruuu dan enjoy banget kalo ada virtual expo cem gini ya.
    Aakk, moga2 th depan ada lagi
    banyak bgt faedahnya.

    ReplyDelete
  6. BIK ini membuat saya untuk kembali menata keuangan, agar memiliki dana cadangan darurat. Saya jadi ingin mencoba asuransi syariah, lo.

    ReplyDelete
  7. bagus banget gelaran Bulan Inklusi Keuangan (BIK) ini ya?

    karena literasi keuangan masyarakat kita, (termasuk UMKM), parah banget

    mereka masih menyimpan uang di bawah bantal

    ReplyDelete
  8. di masa pandemi ini membuat kita pun sulit mencari uang, uang yang didapat otomatis harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya. semoga rejeki kita semakin banyak buat rajin menabung di bulan inklusi ini.

    ReplyDelete
  9. di masa pandemi ini membuat kita pun sulit mencari uang, uang yang didapat otomatis harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya. semoga rejeki kita semakin banyak buat rajin menabung di bulan inklusi ini.

    ReplyDelete
  10. Banyak ilmu tentang manajemen finansil yang didapatkan dari acara bulan iklusi keuangan 2021 ini ya. Jadi melek produk-produk asuransi, reksadana dan lainnya.

    ReplyDelete
  11. Tujuan BIK ketika melihat bagan alir di atas ternyata positif ya, membudayakan masyarakat kita agar melek literasi keuangan, juga budaya menabung yang pastinya memang harus terbangun sejak dini hingga tua.

    ReplyDelete
  12. Membuka wawasan tentunya akan membantu kita menambah pengetahuan. Termasuk untuk urusan keuangan. Karena nyatanya isu finansial, terutama untuk masa depan seperti asuransi, wajib untuk kita pertimbangkan.

    ReplyDelete
  13. Saya juga ikut webinar edukasi tentang literasi keuangan yang diadakan dalam rangka BIK 2021. Beneran daging ilmunya

    ReplyDelete
  14. Bagus untuk diadakan berkelanjutan, agar semakin cerdas dalam literasi keuangan sebagai modal diterapkan sehari²

    ReplyDelete
  15. Masa pandemi menjadi saat di mana saya sedikit banyak mulai belajar tentang literasi finansial. Dah ah yaa, pas gelaran FIN Expo 2021 kapan hari pun saya ikuti. Menarik sekali mengunjungi tiap boothnya.

    ReplyDelete