Tips Memilih Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Keluarga

vitamin untuk daya tahan tubuh
dok.freepik.com

Mengonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh sudah menjadi kebutuhan wajib kita sejak dua tahun terakhir. Ya, sejak Covid-19 menyerang, semua orang diwanti-wanti untuk menjaga kondisi tubuh masing-masing. Usahakan daya tahan tubuh tetap bagus supaya bisa menangkal virus. 

Sejak semua orang aware dengan pentingnya menjaga daya tahan tubuh, berbagai brand suplemen pun ramai menawarkan produknya. Semua menjual kecap brand-nya paling berkualitas. 

Makin banyak yang menawarkan, makin bingung mau pilih yang mana. Sebenernya sih kandungannya sama. Yang membedakan kadarnya. Ada yang dosis tinggi, ada yang dosis sedang. Ada yang herbal ada yang campuran herbal dan kimia, ada yang kimia semua. 

Yang pasti sih perbandingan langsungnya tampak dari harga masing-masing produk. Produk A dengan kemasan lux harganya ratusan ribu. Produk B dengan kemasan bagus harganya puluhan ribu. Nah, produk C ini harganya ribuan rupiah saja, kemasannya biasa, tapi tetap aman dan sama higienisnya. In sya Allah..

Supaya ngga kelamaan memilih eh tau-tau malah ngga jadi, sebaiknya kita harus paham dulu vitamin yang harus kita konsumsi. Jenis vitamin, manfaat, dan cara yang benar mengonsumsinya.


vitamin untuk daya tahan tubuh
dok.freepik.com

Sebagai pengantar, sistem imunitas tubuh kita terdiri dari kumpulan sel, proses, dan bahan kimia yang terus-menerus mempertahankan tubuh kita dari serangan patogen, termasuk virus, racun, dan bakteri.

Sistem imunitas ini tentu harus mendapat dukungan memadai. Ia harus menerima asupan makanan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur dan konsumsi vitamin sebagai suplemen daya tahan tubuh.

Berikut ini tips memilih vitamin untuk daya tahan tubuh keluarga

1. Vitamin C

Vitamin C menjadi pilihan utama untuk daya tahan tubuh kita dan keluarga. Vitamin C mencegah infeksi atau mempercepat kesembuhan apabila kita terkena infeksi. Vitamin C yang tidak terserap tubuh akan terbuang bersama air seni. Jadi, tidak perlu khawatir ada penumpukan Vitamin C dalam tubuh ya.

2. Zinc

Zinc dibutuhkan untuk memproduksi sel baru dalam sistem imun di tubuh kita. Biasanya kita jumpai pada daging, kerang, biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dan telur. Kita bisa memilih vitamin Zinc apabila dirasa asupan nutrisi kita masih belum memenuhi kebutuhan zinc untuk tubuh setiap harinya.

3. Vitamin E

Vitamin E kaya akan antioksidan sehingga bisa membuat tubuh kita punya imun yang kuat untuk menangkal infeksi. Vitamin E sangat penting dibutuhkan tubuh kita. Ia menjadi bagian dari hampir 200 reaksi biokimia dalam tubuh kita. Karena itu, vitamin E sangat penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh kita. 

4. Vitamin B-Complex

Asupan Vitamin B-Complex dibutuhkan untuk jaga daya tahan tubuh tetap optimal. Vitamin B membantu tubuh menghasilkan energi serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh. Energi yang dihasilkan bisa menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas supaya tubuh tetap bugar. 

Kita bisa mengonsumsi daging sapi, kerang, almond, yoghurt, kembang kol, dan bayam sebagai beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin B complex. Apabila merasa konsumsi vitamin B kurang terpenuhi dari makanan, kita bisa mengonsumsinya dalam bentuk kaplet.

5. Vitamin A

Vitamin A adalah penangkal infeksi yang baik. Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah putih. Sel darah ini berfungsi melawan benda asing, seperti virus dan bakteri, yang masuk ke dalam tubuh kita. 

---

Sebenarnya semua vitamin ini dapat kita dapatkan dari makanan. Namun kadangkala menu makan kita tidak selalu komplet mengandung lima vitamin dengan takaran yang harus dipenuhi. Untuk itu, kita bisa mengonsumsinya dalam vitamin berupa kaplet, tablet, atau sirup. 

Yang penting jaga gaya hidup agar tetap sehat dan tetap waras. Daya tahan tubuh terbentuk dalam proses yang panjang. Jadi, yuk, jalani hidup dengan sebaik-baiknya supaya tetap sehat lahir batin kita :)

1 comment

  1. Awal2 pandemi aku bingung itu cari vitamin apa yg bagus, juga buat anak2. Tapi untungnya adekku dokter THT, dan dari dia dapat rekomendasi vitamin yg bagus buat menjaga imun tubuh buat dewasa dan anak2. Krn dengan banyak pilihan gitu kita sebagai orang awam kan suka bingung Yaa mana yg beneran bagus ..

    Kalo skr, saking terbiasanya konsumsi vitamin2 itu sejak awal pandemi, jadi ga pernah lepas. Tapi berasa memang efeknya, anak2 , aku juga suami Alhamdulillah blm ngalamin sakit sejak pandemi ini. Padahal sebelumnya Trutama krucil tiap bulan pasti batpil.

    ReplyDelete