Investasi Masa Depan dalam Cryptocurrency, Mata Uang Digital

Bitcoin investasi masa depan
Pic:pixabay.com

Buat kamu yang masih bingung menentukan investasi masa depan mau pilih apa, kamu bisa mulai berkenalan dengan Crypto. Yang sudah familiar, mungkin sudah mulai membandingkan platform Crypto terbaik yang akan dipilih. 

Bagaimana kalau blank banget; sama sekali belum kenal? "Apa itu Crypto? Wujudnya seperti apa? Bagaimana cara kerjanya?" Tak kenal maka tak sayang. Yuk kenalan dulu sama Crypto :)

Cryptocurrency sebagai Investasi Masa Depan


Cryptocurrency -arti dan definisi

Crypto atau dikenal juga dengan cryptocurrency adalah segala bentuk mata uang digital atau virtual. Crypto menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi di seluruh dunia. Crypto tidak memiliki otoritas penerbitan atau pengatur pusat. Crypto menggunakan sistem terdesentralisasi untuk mencatat transaksi dan mengeluarkan unit baru.



Bitcoin adalah salah satu jenis Crypto yang dikenal dunia. Selain Bitcoin yang diterima secara luas sebagai pelopor di Cryptospere, ada lebih dari dua ribu cryptocurrency di dunia.


Mata uang virtual ini secara kolektif dikenal sebagai altcoin. Masing-masing memiliki blockchain, dompet, dan penambangnya sendiri. 


Salah satu sistem operasi berbasis blockchain yang populer adalah Tron. Ini merupakan platform terpusat berbasis blockchain. Tujuannya untuk membangun sistem hiburan konten digital global yang gratis. 


Tron mempunyai teknologi penyimpanan yang terdistribusi serta memberikan kemudahan juga keefektifan biaya untuk berbagi konten digital.


Bagaimana cara kerja cryptocurrency?

Cryptocurrency berjalan pada buku besar publik terdistribusi yang disebut blockchain. Catatan semua transaksi dipegang oleh pemegang mata uang.


Unit cryptocurrency dibuat melalui proses yang disebut penambangan. Proses ini melibatkan penggunaan daya komputer untuk memecahkan masalah matematika rumit yang menghasilkan koin. Pengguna juga dapat membeli mata uang dari broker. Selanjutnya kita bisa menyimpan dan membelanjakan mata uang yang sudah beli dengan menggunakan dompet kriptografi.


Cryptocurrency
Pic:Pixabay.com


Kalau kita memiliki cryptocurrency, kita tidak memiliki sesuatu yang nyata. Yang kita miliki adalah kunci yang memungkinkan kita memindahkan catatan atau satuan ukuran dari satu orang ke orang lain tanpa pihak ketiga yang tepercaya.


Ragam cryptocurrency yang populer di dunia investasi


  1. Bitcoin

Bitcoin didirikan pada tahun 2009. Bitcoin adalah cryptocurrency pertama dan masih yang paling umum diperdagangkan. Mata uang ini dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto – secara luas diyakini sebagai nama samaran untuk individu atau sekelompok orang yang identitas pastinya masih belum diketahui.

  1. Ethereum

Ethereum dikembangkan pada tahun 2015. Ini adalah platform blockchain dengan cryptocurrency sendiri. Namanya Ethereum (ETH) sebagai cryptocurrency paling populer setelah Bitcoin.

  1. Litecoin

Mata uang ini paling mirip dengan bitcoin tetapi telah bergerak lebih cepat untuk mengembangkan inovasi baru, termasuk pembayaran dan proses yang lebih cepat untuk memungkinkan lebih banyak transaksi.

  1. Ripple

Ripple adalah sistem buku besar terdistribusi yang didirikan pada tahun 2012. Ripple dapat digunakan untuk melacak berbagai jenis transaksi, bukan hanya cryptocurrency. Perusahaan di baliknya telah bekerja sama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan.


Sementara cryptocurrency non-Bitcoin secara kolektif dikenal sebagai “altcoin” untuk membedakannya dari aslinya.


Cryptocurrency sebagai investasi masa depan di Indonesia


Berdasarkan laporan berjudul 2022 Global State of Crypto Report yang berisi survei kepada 30.000 responden global dari 20 negara. Laporan periode November 2021-Februari 2022 menyebutkan Indonesia dan Brazil berada di urutan pertama sebagai negara dengan tingkat kepemilikan aset kripto tertinggi dengan persentase mencapai 41 persen.


Masa depan cerah dari Cryptocurrency sudah ‘dibaca’ sebagian masyarakat Indonesia. Dalam laporan tersebut juga disebutkan 41 persen orang Indonesia usia 18-75 tahun berpendapatan US$14ribu (setara Rp 200 juta) per tahun mempunyai aset kripto.


Hasil laporan penelitian tersebut juga memaparkan bahwa 61 persen responden Indonesia setuju bahwa Crypto adalah investasi masa depan dan layangan keuangan yang bisa diandalkan.


Cara berinvestasi Cryptocurrency


Aturan berinvestasi kripto juga sama seperti di pasar saham atau Forex. Kita harus mengecek keabsahan kredibilitas perusahaan atau platform jual beli cryptocurrency. Platform tersebut harus terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi  atau BAPPEBTI.


Hal paling penting yang harus diingat adalah gunakan uang dingin untuk investasi. Tujuannya tentu saja agar kita tidak dikejar-kejar hutang sehingga makn investasi masa depan malah berubah menjadi hutang di masa depan. 


Salah satu platform tepercaya yang bisa kita pilih untuk membeli crypto adalah PT Indodax Nasional Indonesia. Salah satu perusahaan berbasis teknologi yang memperjualbelikan aset kripto. Di Indodax, market berjalan nonstop 24 jam.

 

Ada lima juta lebih investor crypto yang bergabung dengan Indodax.  Para investor ini berinvestasi aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Cardano, sampai Shiba Inu.  Jumlah tersebut menandakan tingginya kepercayaan masyarakat berinvestasi di perusahaan yang didirikan dari 2014 ini.

 

Cara Mendaftar Member Indodax

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mendaftar menjadi anggota Indodax Academy. Caranya download aplikasi Indodax di Appstore atau Playstore. Setelah itu, daftar lalu ikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk verifikasi dan autentifikasi data.

 

Kelebihan Indodax 

Kita bisa membeli aset kripto dengan cara deposit di semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengonversikannya menjadi Rupiah secara instan. 

 

Di Indodax, biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Selain itu, kita bisa bertransaksi tanpa dibatasi waktu alias transaksi 24 jam. 

 

Buat kamu yang tertarik berinvestasi aset digital, tetapi masih minim pengetahuan tentang mekanisme  dan cara-caranya, daftar saja jadi member Indodax. Indodax mempunyai Indodax Academy yang akan memberikan pengetahuan kepada kita tentang seluk beluk aset digital. 

 

Pembelajaran di Indodax Academy dipandu dalam bentuk artikel, video tutorial,hingga podcast. Dalam proses belajar tersebut, semua aspek seputar cryptocurrency dibahas. Ada tips, trik trading, dan grafik Bitcoin Indonesia.

 

Setelah paham  sistem yang berlaku di pasar bitcoin, kita bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax, baik di website resmi maupun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

 

Kita sudah bisa berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu setelah menjadi member Indodax. Sebagai pelopor cryptocurrency di Indonesia, Indodax terus menyempurnakan fitur-fiturnya. Saat ini ada metode deposit dan withdraw yang beragam, mudah, dan tidak makan waktu lama. 

 

Siapkan dana dinginmu. Yuk berselancar di Cryptocurrency dan nikmati keuntungannya. Salam :) 

 




No comments