Manfaat Jahe, Si Rimpang Ajaib

Siapa yang tak kenal jahe?Hampir sebulan ini jahe menjadi amat populer. ia diyakini bisa menangkal ganasnya covid 19. Rimpang ini juga dikenal ampuh sebagai obat herbal flu dan masuk angin.

Manfaat  Jahe
dok : inibaru.id

Sebenarnya masuk akal juga sih kalau jahe dipercaya bisa menangkal covid 19. Mengapa? Karena kandungan senyawa dalam jahe mempunya beragam manfaabagi kesehatan kita, termasuk menjaga daya tahan tubuh. itu yang saya maksud tentang jahe sebagai penangkal covid 19.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap covid 19,  agar bisa survive di tengah gempuran covid 19, daya tahan tubuh adalah kuncinya.

Mereka dengan daya tahan tubuh bagus biasanya mampu menyembuhkan dirinya sendiri saat terinfeksi virus. Mereka inilah yang disebut carrier, si sehat pembawa virus. Namun, jika orang itu sakit, bekal daya tahan tubuh yang sudah bagus sebelumnya bisa membuatnya lekas sembuh. 

Daya tahan tubuh tidak dibangun dalam sekejap. Ia adalah hasil dari gaya hidup sehat. Apa saja yang termasuk dalam gaya hidup sehat ? Makan teratur dengan gizi seimbang, olahraga cukup, dan manajemen stress yang tepat. 

Lalu, apa peran jahe dalam membangun daya tahan tubuh kita? Jahe dipercaya mampu menghambat infeksi virus dan bakteri. Dikutip dari Medical News Today, jahe memiliki sifat antiflamasi, antibakteri, dan antivirus.  

Pepaknya manfaat yang terkandung dalam jahe membuat rimpang ini semakin digandrungi masyarakat. Pengolahannya pun kini makin beragam. Jahe tidak hanya diramu sebagai jamu, tetapi juga kini menjadi salah satu bahan dalam infused water. 

Berikut ini beberapa resep minuman berbahan dasar jahe yang bisa dipraktikkan sendiri. 

Resep Minuman Berbahan Dasar Jahe


1. Teh Jahe Sereh 
 untuk pilek dan masuk angin

Bahan : 
1. 1 buah teh celup
2. jahe secukupnya digeprek lalu dibakar
3. sereh 1 batang
4. madu 1 sdm
kalau tidak ada madu bisa diganti gula aren/gula putih.
Cara membuat : 
1.rebus air bersama jahe yang sudah dibakar dan sereh hingga mendidih.
2.tuang air rebusan jahe sereh ke dalam gelas.
3.masukan teh celup. tambahkan gula sesuai selera. aduk hingga gula larut. 
4. minum selagi panas. 

2. Jahe Jeniper
untuk vertigo

Bahan :
1.setengah ruas jahe
2.setengah jeruk nipis diperas, ambil airnya
3. 1 kayu manis
4. 250 ml air panas
5. madu 1 sdm
Cara membuat :
1. seduh jahe dan kayu manis dengan air panas.
2. setelah hangat, tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu.
3. minum saat hangat.

3.  Infused water jahe lemon
untuk daya tahan tubuh dan pencernaan

Bahan :
1. kunyit 1 ruas
2. jahe 2 ruas 
3. lemon 1 buah
4. madu 3 sdm
5. air secukupnya
Cara membuat :
1. iris kunyit, jahe, dan setengah lemon
2. peras setengah lemon sisanya
3. masukkan bahan yang sudah diiris
4. masukkan perasan lemon
5. masukkan air 
6. diamkan selama 3 - 6 jam
7. infused water jahe lemon siap dinikmati

4. Infused water jahe madu
untuk sakit kepala dan masuk angin

Bahan :
1. jahe 1 ruas
2. madu 1 - 2 sdm
3. air secukupnya
Cara membuat :
1. iris jahe
2. masukan irisan jahe ke gelas
3. beri air secukupnya
4. tambahkan madu
5. diamkan selama 3 - 6 jam
6. infused water jahe madu siap dinikmati

Empat resep ini andalan saya menjaga kesehatan tubuh atau saat alarm tubuh  mulai teriak tanda harus istirahat dari rutinitas padat. 

Oh ya, supaya kualitasnya terjaga, pilihlah jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Jahe merah lebih bagus untuk obat. Namun, jika sulit mendapatkannya, jahe putih pun tetap berkhasiat. 






Lima Langkah Antipanik Sikapi Pandemi Covid 19

Pandemi Covid 19 tidak bisa dipungkiri memengaruhi keseharian kita. Salah satunya keharusan melakukan social distancing yang kini WHO ganti menjadi physical distancing. Selain kebiasaan sehari -hari, pandemi Covid 19 juga memengaruhi kondisi mental kita.

Apakah kamu setuju dengan itu? Kalau saya sih yes karena banyaknya berita sekaligus beragam opini seputar Covid 19 sempat membuat saya khawatir terhadap ketidakpastian yang sedang terjadi.

Lima Langkah Antipanik Menyikapi Pandemi Covid 19
dok.unsplash


Supaya rasa khawatir itu tidak berlarut - larut, saya memutuskan membatasi waktu memperbarui berita - berita tentang Covid 19. Saya pun tidak lagi membaca semua opini yang dibagikan di WAG atau di medsos lainnya.

Pada awal kasus positif Corona merebak di Indonesia, saya rajin banget mantengin tv untuk menyimak berbagai informasi seputar penyakit ini. Di hari ke-22, pikiran saya mulai mendeteksi ada kepanikan terpendam yang saya rasakan.

Demi kewarasan, saya putuskan membatasi informasi yang masuk. Agar tidak terlalu tertinggal informasi, saya tetap rutin membaca koran pagi.

Saat mulai menyadari agak panik, saya sempat bertukar pikiran dengan Nino, teman semasa kuliah, membahas masalah ini.

Menurut Nino, pandemi Covid 19 memang memengaruhi kesehatan mental kita. Lalu lintas berita yang tidak mengenakkan membuat kita cemas, panik, dan stress. 

Meskipun kadar emosi - emosi negatif  itu tidak sama pada setiap orang, Nino yang juga calon doktor di bidang psikologi pendidikan ini memaparkan lima langkah yang bisa kita lakukan apabila mulai ada serangan panik. Apa saja sih?

Lima Langkah Antipanik Sikapi Pandemi Covid 19

1. Akui / sadari dulu kalau kamu mulai      panik.
"Oke, saya memang panik."
Lalu tanyakan pada diri sendiri penyebab rasa panik itu.
  • apakah karena kurang informasi?
  • apakah karena informasi yang menumpuk?
  • apakah karena informasi yang salah?
2. Cermati / cek asumsi yang membuat       panik.
Apakah asumsi itu benar? Dari mana asumsi itu muncul? Apakah dari berbagai opini yang kita baca atau informasi yang kita akses? 

Jika semuanya berasal dari informasi dan opini yang kita baca, Departemen Medik Kesehatan Jiwa RSCM - FKUI memberi saran begini :
  • Kurangi menonton, membaca, atau mendengarkan berita yang membuat kita cemas atau gelisah.
  • Carilah informasi dari sumber tepercaya.

dok: unsplash
  • Usahakan mencari berita hanya 1 - 2 kali dalam sehari dan pada waktu spesifik, misalnya pukul 7 pagi dan 7 malam.
  • Pemberitaan yang mendadak dan hampir terus menerus mengenai wabah akan membuat siapa pun cemas.

3. Beri kekuatan pada diri kita dengan       berbuat sesuatu

  • Buatlah daftar sumber kekhawatiran itu.

Lima Langkah Antipanik Menyikapi Pandemi Covid 19
dok. unsplash
  • Pelajari sumber kekhawatiran.
  • Dari daftar itu, mana saja yang bisa kita netralisasi atau kita cari jalan keluarnya.
4. Lakukan hal terukur atau hal yang kita bisa lakukan.
Misalnya untuk menghindari tertular Corona, kita bisa menerapkan standar kebersihan dan kesehatan maksimal kepada diri sendiri dan keluarga. Apa saja? 
  • rajin cuci tangan pakai sabun. 
  Sediakan fasilitas kebersihan maksimal di rumah, seperti sabun dan cairan disinfektan. Membiasakan      membawa dan menggunakan hand sanitizer jika sedang berkegiatan di luar rumah.


  • konsumsi vitaman dan makanan sehat. 
Sediakan suplemen untuk daya tahan tubuh. Ubah pola makan junk food menjadi pola makan sehat, lebih banyak sayur, buah, protein hewani yang rendah lemak dan kolesterol, serta air putih.
  • disiplin menerapkan physical distancing 

Lima Langkah Antipanik Menyikapi Pandemi Covid 19
dok.  Aljazeera.com
  Jaga jarak minimal satu meter saat harus beraktivitas di luar rumah. Untuk sementara waktu,                         sebaiknya hindari dulu salaman, cipika - cipiki, dan berada di kerumunan.
  • Tidak langsung menyentuh barang di ruang publik dengan tangan.
  • Tidak menyentuh wajah, mata, dan hidung.
  • Pakai masker seperlunya saja, saat kita sakit atau merawat orang sakit.
  • Patuhi imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah demi menghambat persebaran Covid 19.

5. Untuk sisanya yang tidak bisa kita kendalikan, pasrah dan berdoa. 

Dua sikap ini merupakan ikhtiar dari banyak hal yang sudah kita lakukan sebelumnya. Pasrah bukan berarti diam. Pasrah dan berdoa merupakan wujud keyakinan bahwa semua yang terjadi adalah hal terbaik yang kita jalani sebagai individu, umat beragama, dan warga negara. 

Manajemen Kemalasan saat Bekerja dari Rumah

kerja dari rumah
dok : realhomes.com

Work From Home atau Bekerja dari Rumah sedang gencar digaungkan pemerintah sejak semakin tersebarnya covid 19 ke banyak wilayah di Tanah Air. Tak hanya di dalam negeri, instruksi bekerja dari rumah pun diterapkan di banyak negara yang mengalami pandemi covid 19. 

Bagi saya yang sejak 2017 akhir memutuskan menjadi freelancer, bekerja dari rumah bukanlah hal baru. Jadi, sebelum 16 Maret 2020, saya sudah bekerja dari rumah. Namun, tetap saja, kadangkala saya harus bergulat dengan kemalasan. Apakah kamu mengalaminya juga selama bekerja dari rumah lima hari ini? 

Bekerja dari rumah sejatinya menempa kita untuk lebih disiplin ketimbang saat bekerja di kantor. Mengapa? Karena saat bekerja di rumah, bosnya adalah diri sendiri. Sebagai bos, kita berkuasa dong. Kekuasaan itu yang sering melenakan. Alih – alih punya jam kerja fokus dan teratur, yang ada malah berbagai excuse sehingga pekerjaan terbengkalai. Etapi itu saya sih, pasti beda dengan teman –teman yang bekerja dari rumah dan tetap disupervisi setiap hari oleh pimpinannya secara daring.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan agar lancar bekerja dari rumah? Ini tiga tips dari saya. Tiga aja, biar gampang praktiknya :D 

1. Manajemen kemalasan 


Biasanya yang dikelola adalah waktu, tetapi bagi saya yang termasuk anggota geng rebahan, kemalasanlah yang wajib dikelola. Ketika kemalasan bisa dikelola, saya akan lebih mudah mengatur waktu. 




Yang saya lakukan pertama kali adalah mengenali kapan kemalasan mengunjungi saya. Setelah ditelisik, saya mulai malas ketika kelelahan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga atau terlalu lama santai. 

Dari situ, saya mengatur energi fisik dan mental saya agar tetap fit saat bekerja. Caranya? 

a. Membuat daftar pekerjaan rumah tangga lalu membaginya dalam kelompok yang dikerjakan setiap enam bulan, setiap bulan, setiap minggu, dan setiap hari. Karena banyak yang diingat, banyak yang lupa, saya mencatat semua jadwal itu di Google Calendar.

Saya belajar metode ini dari Pinterest. Hasilnya sangat membantu. Ada pekerjaan rumah yang dikerjakannya cukup seminggu sekali, di antaranya membersihkan dan mengatur ulang isi lemari es. Ada juga pekerjaan rumah yang bisa dikerjakan dua hari sekali, seperti mengepel lantai dan mencuci pakaian. Kapan saya memasak? Ngga setiap hari juga sih. Kalau agenda hari itu tidak padat, saya memasak. Ya, intinya sih menyusun skala prioritas. 

b. Delegasikan pekerjaan pada anggota keluarga lain sesuai kemampuan mereka. 

Seringkali saya stress sendiri melihat tumpukan pekerjaan rumah. Rasanya kok nggak selesai – selesai. Habis cuci piring harus sikat lantai lalu lap dinding dapur, dsb. Ternyata aktivitas itu menyita tenaga saya. Saat pekerjaan susul – menyusul itu selesai, saya lelah dan kehilangan mood untuk menyelesaikan naskah buku atau menulis blog. Setelah berdiskusi dengan suami, saya mengajak anggota keluarga lain, yaitu si sulung, ibu, adik saya, dan tentu saja suami berbagi tugas pekerjaan rumah tangga. Sejauh ini semua berjalan lancar. Kalaupun ada anggota keluarga yang sibuk hingga tidak bisa menyelesaikan tugasnya, hal itu bisa dikomunikasikan untuk menukar tugasnya atau minta tolong dibantu untuk sementara waktu. 

c. Hentikan kebiasaan menunda

Saya pernah merasa sangat gusar ketika banyak tulisan harus selesai dan pekerjaan rumah menumpuk, balita saya tidak kunjung tidur.  Pikiran sama sekali tidak bisa konsentrasi dan hati saya pun gundah gulana. Akibatnya, saya menjadi ibu yang jutek saat itu. Setelah ia tidur, saya mengurai akar masalah. Ternyata masalahnya bukan pada balita yang takkunjung tidur, melainkan saya yang banyak menunda.

2. Olahraga sesuai minat 


Saya menyukai jogging dan yoga. Kedua jenis olahraga ini tidak mengharuskan saya melakukan berbagai gerakan sulit, seperti aerobik atau zumba, selain ingar –binger musiknya. Setahun terakhir ini, saya lebih banyak beryoga karena bisa melakukannya langsung di rumah. 

yoga
yoga bersama ayoyogabandung

Seminggu sekali saya yoga bersama teman – teman di komunitas yoga. Gerakan – gerakan yoga menjadi terapi yang tepat bagi badan saya yang sering pegal – pegal. Selain itu, olah pernapasan dalam yoga membuat hati dan pikiran tenang dan damai. Bagi saya, itu modal menjalani hari dan kehidupan. 

3. Tetapkan jumlah jam kerja setiap harinya. 


Sebagai freelancer, yang penting pekerjaan selesai tepat waktu. Saya tidak perlu melaporkan pekerjaan yang saya lakukan setiap hari pada atasan saya karena saya takpunya atasan. Yang saya punya adalah klien. Saya menetapkan enam jam kerja setiap harinya. Enam jam kerja baik di depan laptop, maupun menyelesaikan pekerjaan di ponsel. 

Saya menggunakan metode Podomoro dari Pinterest. Di metode ini, ada target waktu untuk setiap pekerjaan. Misalnya,  saya menargetkan dua jam menulis di blog.  Saya pasang alarm yang akan berdering setelah dua jam selesai. 

Dua jam selanjutnya saya fokus menulis naskah buku. Dua jam kemudian saya menyelesaikan pekerjaan yang menggunakan ponse. Mekanisme alarm tetap sama. 

jam kerja
dok : pixabay.com

Tiga tips sederhana ini adalah cara saya menyelesaikan berbagai pekerjaan dari rumah. Sebagai istri dan ibu, waktu 24 jam seringkali takpernah cukup. Padahal sebenarnya bukan waktunya yang pendek, tetapi kita yang tidak cerdik memanfaatkan 24 jam ini semaksimal mungkin. Karena yang penting itu bekerja cerdas bukan sekadar bekerja keras. 



















Lima Masker Rambut Alami dan Cara Membuatnya

Masker rambut alami. Selama ini,  bagaimana perawatan rambut yang sudah kita lakukan? Apakah cukup pakai shampoo saja? Ataukah perawatan paket komplet : shampoo, conditioner, masker, dan hair tonic atau serum? Mana yang paling sesuai dengan perawatan rambutmu?

masker rambut alami


Sebelum berkenalan dengan beragam produk perawatan rambut, saya biasanya menggunakan shampoo dan conditioner setiap keramas. Pilihan menggunakan conditioner setelah saya membaca artikel tentang perawatan rambut keriting yang biasanya kering. Supaya rambutnya mudah diatur, lembap, dan lembut, sebaiknya saya memakai conditioner setelah ber-shampoo.

Jadilah saya rutin memakai conditioner sejak usia remaja. Yah, ngga disiplin juga sih. Kadang kalau sedang terburu -buru, saya cukup pakai shampoo saja. Kalau sedang longgar atau setelah berkali - kali keramas tanpa conditioner, saya pun menggunakannya lagi. Ada rasa khawatir rambut akan kering, rontok, dan sebagainya kalau saya tidak pakai conditioner dalam waktu lama.

Baca juga Tips Mengatasi Rambut Rontok 

Ketika saya sudah mulai mengenal perawatan rambut di salon, saya berkenalan dengan masker rambut. Menurut kapster di salon dan artikel yang saya baca, masker bermanfaat membuat rambut menjadi halus dan rapi. Itu yang saya butuhkan. Selain menghaluskan dan merapikan, masker juga bisa mengatasi rambut rontok. Kebetulan banget saya bermasalah dengan rambut yang rontok. Karena masker rambut di salon lumayan mihil, saya mencari informasi tentang membuat masker sendiri dari bahan - bahan yang mudah diperoleh.

Ternyata tidak sulit membuat masker sendiri. Dari hasil penelusuran, saya memilih lima bahan alami yang mudah didapat untuk dibuat menjadi masker rambut. Apa saja kah? Yuk, baca tulisan ini sampai selesai :)

Lima Masker Rambut Alami 

1. kelapa

Kandungan protein, lemak, dan mineral yang baik pada kelapa berguna untuk melembutkan, membantu pertumbuhan rambut, dan mengurangi rambut patah.

masker rambut alami
dok : sahabatdapur.com

Cara membuat masker dari kelapa sederhana saja. Peras kelapa hingga keluar santannya. Campur santan dengan sedikit air lalu oleskan ke rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk, diamkan semalam. BIlas hingga bersih keesokan harinya.

2. telur

Telur kaya akan protein dan mineral. Campurkan telur dan minyak zaitun agar khasiatnya efektif bagi rambut. Manfaatnya adalah membantu pertumbuhan rambut kembali.

masker rambut alami
dok: alodokter.com
Bagaimana cara membuat masker dari telur? Pisahkan putih telur dari kuningnya. Masukkan satu sendok minyak zaitun dengan putih telur, kocok hingga mengental. Selanjutnya, oleskan pada kulit kepala. Diamkan 15 - 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampoo.

3. teh hijau


masker rambut alami
dok. healthydetik.com


Kandungan teh hijau yang kaya oksidan mencegah rontok dan membantu pertumbuhan rambut. Cara membuat masker berbahan dasar teh hijau sangat mudah. Seduh dua kantong teh hijau pada secangkir air panas. Tunggu hingga air seduhan menjadi suam - suam kuku. Oleskan ke kulit kepala lalu diamkan selama sekira sepuluh menit. Bilas rambut hingga bersih.

4. lidah buaya

masker rambut alami
dok : popmama.com

Lidah buaya sangat bermanfaat mengatasi kulit kepala yang mengalami iritasi, mencegah kerontokan rambut, dan mempertebal rambut. Oleskan daging lidah buaya ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam lalu bilas dengan air hangat agar kulit kepala menjadi lembap.

5. kemiri

Kemiri kaya akan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat membantu pertumbuhan rambut, melembapkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, dan menghitamkan rambut. 

https://siswiyantisugi.com
dok: doktersehat.com

Cara membuat masker rambut dari kemiri adalah membakar kemiri hingga kecoklatan Setelah itu, tumbuk halus hingga keluar minyaknya. Oleskan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama tiga puluh menit lalu bilas hingga bersih.

Lima bahan dasar masker rambut ini sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Sebagian besar malah sering kita gunakan dalam kegiatan sehari - hari, seperti telur, kemiri, teh hijau, dan kelapa. Jadi, kemudahan mengakses bahan dasar bisa membuat kita lebih semangat merawat rambut dengan bahan alami. Setuju kan? :)



Tips Mengatasi Rambut Rontok

Sebagian besar perempuan pasti setuju dengan slogan rambut adalah mahkota. Baik berhijab mauipun tidak, ia peduli pada rambutnya. Namun, bagaimana jika mengalami masalah rambut rontok berlebih

Sebenarnya rambut rontok adalah peristiwa alamiah yang terjadi pada setiap orang. Selama tidak lebih dari 100 helai per hari, rontok itu tidak masalah. Kondisinya menjadi berbeda ketika rambut yang rontok dalam sehari lebih dari 100 helai. 

Mungkin ada yang berpikir tentang cara menghitung helaian rambut rontoknya untuk memastikan rambutnya baik - baik saja. Helaian rambut yang rontok kalau dihitung bisa habis sia - sia waktu kita. Jadi, apa yang bisa dilakukan agar rambut kita kuat hingga ke akarnya?



rambut rontok berlebih
dok: republika.co.id


  Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. rutin keramas 

Kulit kepala kita harus bersih agar pertumbuhan rambut tetap sehat. Akumulasi keringat yang menumpuk di kulit kepala menyebabkan rambut rentan dehidrasi. Kondisi itu pada akhirnya mempercepat rambut rontok.


rambut rontok berlebih
dok: merdeka.com

Kebersihan rambut yang buruk dan jumlah keringat berlebih  menimbulkan berbagai masalah pada rambut. Jika kulit kepala tidak dicuci secara teratur, sel-sel kulit mati, minyak, dan keringat dapat menyebabkan ketombe dan rambut rontok.


2. gunakan produk perawatan rambut yang mengandung mint

Agar kulit kepala tidak berminyak, gunakan perawatan rambut berbahan alami yang memberikan kesegaran.

rambut rontok berlebih
dok:bungabunga.co.id

Salah satu bahan alami yang paling sempurna menghilangkan kulit kepala berminyak adalah mint. Selain memberikan sensasi segar dan mengurangi minyak, mint dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

3. gunakan masker rambut

Untuk menyempurnakan perawatan rambut rontok, masker wajib ada dalam daftar. Kita bisa membuat sendiri masker ini. Ada beberapa bahan alami sebagai bahan dasar pembuatan masker rambut. Beberapa bahan tersebut adalah kelapa, lidah buaya, telur, teh hijau, bawang merah, dan bawang putih. 





Selain membuat sendiri, kita juga bisa menggunakan masker rambut yang sudah dijual bebas di pasaran. Masker rambut ini sebaiknya digunakan sekali seminggu. Berbeda dengan conditioner yang digunakan di helai - helai rambut, masker digunakan di kulit kepala kita. 

Baca juga Lima Masker Rambut Alami dan Cara Membuatnya

4. pilih hair tonic yang cocok untuk jenis rambut

Hair tonic bermanfaat untuk menyuburkan, memanjangkan, dan mengatasi masalah rambut, seperti rontok dan ketombe. Hair tonic berupa cairan yang diaplikasikan ke kulit kepala. 



rambut rontok berlebih
dok : bukalapak.com

Saat mengaplikasikan hair tonic, pijat kulit kepala dengan lembut. Pijatan itu bertujuan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kepala. 

5. hindari menyisir rambut saat masih basah

Menyisir rambut saat masih basah akan membuat rambut kita mudah patah dan rontok. Tunggulah rambut  setengah kering lebih dulu baru menyisirnya. Gunakan sisir bergigi jarang saat rambut setengah kering agar mudah menyisirnya.



rambut rontok berlebih
dok : today.line.me

Selain itu, bagi kamu yang berhijab, hindari mengenakan hijab dengan kondisi rambut masih basah. Lembapnya rambut basah menyebabkan rambut lepek dan apek yang memicu ketombe. Ketombe akan menutupi folikel rambut sehingga rambut tidak bisa tumbuh dan menjadi rontok. 

6. jangan telalu sering menggunakan pengering rambut / hair dryer

Panas yang berlebih dari hair dryer bisa merusak kelembapan rambut. Akibatnya, rambut mudah patah. Gunakan setelan panas yang paling rendah jika memang harus menggunakan hair dryer. 


https://siswiyantisugi.com
dok : geekpomade.com
Sebenarnya kita bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan rambut. Kipas angin tidak memiliki suhu panas yang bisa merusak kelembapan rambut.

6. jangan mengikat rambut terlalu kencang


https://siswiyantisugi.com
dok : popbela.com
Mengikat rambut menjadi salah satu cara mengusir gerah atau agar rambut lebih rapi. Namun, kunciran bisa membuat rambut tertarik sehingga mudah rontok. Jika memang terpaksa harus mengikat rambut, kita bisa jepit besar untuk menjepitnya agar tidak terlalu kencan

7. keramas dengan air dingin

Sebagian orang memilih keramas dengan air dingin karena menyegarkan. Ternyata air dingin mempunyai beragam manfaat untuk rambut. Salah satunya adalah mencegah kerontokan rambut. Air dingin yang mengguyur kepala kita meninggalkan suhu dingin pada kepala. 

Suhu kepala yang dingin akan melancarkan peredaran darah. Darah mengandung nutrisi dan zat-zat yang diperlukan sel serta jaringan di kulit kepala untuk menjaga kekuatan akar rambut. Selain menjaga kekuatan akar rambut, nutrisi-nutrisi tersebut juga mampu merawat rambut agar tetap halus dan berkilau alami.

Namun, air dingin juga bisa membuat rambut jadi lebih cepat lepek dan berminyak. Kalau kamu punya tipe rambut lemas, keramas dengan air dingin mungkin bukan solusi terbaik. 

Sablon Bajumu Rusak? Perhatikan 5 Cara Menghilangkannya!

Saat menyetrika pakaian, saya baru menyadari sablon di kaos balita saya mengelupas. Kebetulan posisinya ada di bagian belakang. Sebenarnya bagian yang terkelupas itu tidak kentara. Karena sudah melihatnya, saya jadi penasaran gimana cara menghilangkan sablon pada baju.

Setelah menelusuri berbagai sumber, akhirnya saya menemukan langkah – langkah menghilangkan sablon pada baju. Ternyata cara menghilangkannya bergantung pada jenis sablon pada baju kita. Bagaimana caranya? Simak tips cara menghilangkan sablon pada baju di bawah ini yuk 😊

cara menghilangkan sablon di baju
dok : cleanipedia.com

Lima Cara Menghilangkan Sablon pada Baju 

1. Menggunakan setrika
Menghilangkan sablon jenis polyfex biasanya menggunakan setrika. Sablon jenis polyflex adalah jenis sablon yang memiliki ciri lebih lentur dan tipis. Biasanya terdapat pada jenis baju, seperti, jersey, distro, maupun jaket. 
  • Panaskan setrika selama lima menit hingga panasnya maksimal. 
Selama menunggu temperatur setrika mencapai panas maksimal, siapkan dua lembar kain kering. Letakkan satu lembar di bagian dalam baju dan selembar lain di permukaan baju yang bersablon. 

Mengapa kita menggunakan kain kering? Supaya setrika tidak langsung mengenai baju yang bersablon. Paham kaan? Pahaam..Yuk, lanjut ke tahap selanjutnya :)
  • Setelah temperature setrika maksimal, mulailah menyetrika kain kering di permukaan sablon selama beberapa detik. 
  • Angkatlah kain kering di atas permukaan baju. Olesi alkohol pada sablon saat baju masih panas. 
  • Kita akan melihat tekstur sablon mengerut dan pecah. Tariklah bagian sablon yang pecah dengan tangan atau pisau. 
  • Ulangi proses menyetrika 
  • Setelah baju bersih dari sablon. Kita bisa mencucinya seperti biasa.
2. Menggunakan Cairan M3 (M Tiga)

Apa itu cairan M3 (MTiga)? Ini adalah larutan kimia yang mirip dengan thinner atau pelarut. M3 ini digunakan dalam proses sablon. Kita bisa membelinya di toko perlengkapan sablon.


cara menghilangkan sablon pada baju
dok: tokopedia.com


Cairan M3 biasanya digunakan untuk menghilangkan sablon rubber, sablon plastisol, sablon pigmen, dan sablon glitter. 

  • Kenakan masker terlebih dahulu agar uap M3 tidak langsung terhirup. Selain itu, cairan M3 bisa mengakibatkan gatal dan iritasi jika mengenai kulit kita. Karena itu. lebih baik gunakan sarung tangan.
  • Siapkan baju yang sablonnya akan dihilangkan, dua lembar kain kering, dan pisau atau gunting. 
  • Taruh baju di tempat yang datar, sablon menghadap ke atas.
  • Masukkan kain kering di dalam kaos agar M3 tidak merembes ke sisi sablonan kaos yang lain.
  • Usapkan kain basah ke bagian salon yang ingin dikelupas.
  • Diamkan beberapa saat agar terjadi reaksi antara M3 dan sablon.
  • Setelah tampak mengerut, gunakan pisau untuk melepas sablon.
  • Ulangi tahapan itu 3 - 6 kali hingga sablon terkelupas sempurna.
  • Cuci kaos lalu bilas beberapa kali supaya benar - benar bersih. Cek apakah masih ada M3 yang tertinggal pada kaos? Jika masih ada, ia bisa menimbulkan gatal - gatal.

3.. Menggunakan Pemutih Pakaian

Kita dapat menggunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan sablon. Sablon pigmen bisa dihilangkan dengan pemutih pakaian. Mengapa? karena sablon pigmen biasanya diaplikasikan pada kaos atau baju berwarna cerah, termasuk putih. Namun, karena ini pemutih pakaian, sablon yang dihilangkan hanya pada koas / baju warna putih. Gunakan sarung tangan karet bila kulit kita sensitif.
  • Siapkan kaos putih, pemutih pakaian, deterjen, dan air panas secukupnya untuk merendam kaos
  • Masukkan air panas ke dalam ember, tambahkan segenggam deterjen dan pemutih pakaian 100ml. aduk hingga larut.
  • Oleskan pemutih pada sablon lalu rendam kaos ke dalam air. Diamkan sekitar 5 menit.
  • Kucek kaos di bagian yang bersablon. 
  • Cobalah melepas sablon dengan kuku. Jika belum bisa dilepas, oleskan pemutih dan rendam kembali.
  • Ulangi tahap 3 – 4 hingga sablon bisa terlepas.
  • Cuci kaos putih seperti biasa hingga bersih
4. Menggunakan bensin.

Cara ini bisa jadi tidak seefektif membenghilangkan sablon menggunakan setrika. Namun, sebagian orang sudah membuktikan keampuhan bensin menghilangkan sablon pada jaket. Selain bensin, kita bisa juga menggunakan pertalite, pertamax, minyak tanah, juga minyak kayu putih. Caranya gimana ya?
  • Siapkan jaket yang sablonnya akan dihilangkan, bensin, dua lembar kain kering, dan gunting atau pisau. 
  • Balik kaos. Bagian luar kaos yang akan diberi bensin. Agar tidak keliru lokasi sablonnya, perhatikan dengan cermat letak sablonnya setelah kaos dibalik.
  • Seperti cara dengan setrika, pada cara ini juga, kain kering ditaruh di dalam kaos. Tujuannya tentu agar bensin tidak merembes ke mana - mana.
  • Oleskan bensin tepat di bagian belakang sablon atau bagian kaos yang sudah dibalik.
  • Biarkan bagian kaos yang diberi bensin kering dengan sendirinya.
  • Ulangi proses 3 – 5 jika sablon belum bisa terkelupas sepenuhnya.
  • Cuci kaos hingga bersih. Agar bau bensin hilang, gunakan sabun colek saat mencuci atau tambahkan banyak pewangi agar bau bensin hilang
5. Menggunakan mesin pengering

cara menghilangkan sablon pada baju
dok. tokopedia.com

Kita bisa langsung memasukkan baju bersablon ke mesin pengering bertenaga gas LPG tanpa melakukan tahapan seperti pada empat cara sebelumnya. Setelah itu, nyalakan mesin pengering dengan temperatur tinggi. Panas dari mesin pengering akan memudahkan sablon mengelupas. Setelah mesin pengering mati, keluarkan baju lalu kelupas sablon hingga benar - benar bersih.

Lima cara menghilangkan sablon di baju ini bisa diterapkan dengan mudah. Jika sebagian besar sablon sudah hampir mengelupas, sebaiknya cobalah cara pertama. Jika sulit, kita bisa mencoba menggunakan bensin, pemutih, atau M3. Yang pasti selalu berhati - hati saat menggunakan bahan kimia.

Tips Memilih Meeting Room di Bandung Sesuai Kebutuhan

Rapat di luar kantor kini menjadi tren bagi banyak perusahaan, organisasi, atau komunitas. Begitu juga dengan mereka yang tinggal di Kota Bandung. Berbagai penawaran meeting room Bandung bisa kita jumpai di berbagai media, baik media sosial maupun media cetak, surat kabar, misalnya.

Memilih rapat di luar kantor bisa menjadi alternatif refreshing untuk mereka yang setiap hari berjibaku di dalam kantor. Sementara bagi mereka yang lebih sering di lapangan, rapat di luar kantor bisa memberikan inspirasi tambahan untuk meningkatkan kreativitas.

tips memilih meeting room di bandung
pixabay.com

Agar tujuan - tujuan itu tercapai, kita harus cermat sebelum menyewa meeting room. Meeting room seperti apa sih yang sebaiknya kita pilih agar kita nyaman saat rapat atau diskusi? Nyaman suasananya juga enak hidangannya. Halah hidangan, berat amat.

Berikut ini ada empat tips yang bisa kita pertimbangkan saat memilih meeting room.


1. lokasi

Sebaiknya pilih lokasi meeting room yang mudah diakses para peserta atau undangan rapat / diskusi.

Lokasinya tidak selalu harus di tengah kota. Yang penting alamatnya familiar sehingga kemungkinan nyasar kecil. Contoh sederhana, alamat lokasi harus terdeteksi Google Maps.

2. sesuaikan dengan anggaran

Faktor anggaran sangat krusial dalam menentukan meeting room yang akan kita gunakan.

Biasanya hotel atau kafe bahkan coworking space menawarkan paket pertemuan. Paket yang ditawarkan biasanya sudah termasuk sewa ruangan dan konsumsi rapat.

Pastikan fasilitas dalam paket pertemuan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kita. Kapasitas ruangan, konsumsi, alokasi waktu sewa hingga listrik dan koneksi internet.

3.  kondisi tata ruang dan suasana 

Tata ruang yang dinginkan biasanya menyesuaikan dengan karakter rapat, resmi atau santai. Tata ruang akan menciptakan suasananya sendiri.
Pemilihan tata ruang, seperti kursi, meja, interior ruangan akan menyesuaikan dengan jenis rapatnya, serius atau santai. Resmi atau kasual.

4. fasilitas 

Sebelum memutuskan meeting room yang akan dipilih, tentukan dulu fasilitas yang kita butuhkan saat meeting.

a. listrik yang memadai

Listrik merupakan kebutuhan vital demi kelancaran rapat. Meeting room dengan fasilitas listrik yang memadai menghindarkan kita dari hal - hal yang dapat mengganggu jalannya rapat.

Kita tentu tidak ingin listrik tiba - tiba padam di tengah presentasi yang menentukan masa depan perusahaan bukan?

b. furniture

Pastikan kapasitas meeting room yang akan digunakan sesuai dengan jumlah peserta. Selain itu, furniture-nya memadai, misalnya meja dan kursi yang ergonomis sehingga nyaman bagi yang menempatinya.

Sebab jika ada kursi atau meja yang tidak berfungsi dengan baik, tentu dapat mengganggu konsentrasi peserta saat mengikuti rapat.

c. koneksi internet cepat

Internet menjadi kebutuhan utama sebagian besar orang di era industri 4.0. Karenanya, koneksi internet menjadi salah satu unsur penting lancarnya proses rapat.

Pastikan koneksi internet di ruangan itu cepat agar semua kegiatan dalam rapat yang membutuhkan koneksi internet terlaksana dengan baik dan lancar.

d. ketersediaan papan tulis dan alat tulis lengkap

Sekalipun sudah paperless, sebagian dari kita masih menggunakan papan tulis dan alat tulis. Dua benda itu memang diperlukan dan dapat membantu selama meeting untuk mencatat poin – poin penting yang akan dibahas atau sedang dibahas saat meeting.

e. toilet dan musala

Dua fasilitas umum ini sebaiknya mudah diakses peserta rapat. Toilet bersih dan musala yang berdekatan dengan meeting room.

CFLD Tangerang: Inilah Salah Satu Proyek CFLD di Indonesia


kota industri (koinworks.com)

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di bidang properti, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu perusahaan pengembang asing bernama CFLD (Cina Fortune Land Development). Perusahaan pengembang yang berasal dari Cina ini terbilang sudah sangat populer sebagai pakar ternama dalam investasi dan operasi kota industri baru di Cina. Di Indonesia, perusahaan ini sudah banyak sekali melakukan investasi pengembangan kawasan industri, terlihat dengan adanya CFLD Tangerang dan kota-kota lain di Indonesia. 

Sekilas tentang CFLD

CFLD pertama kali didirikan pada tahun 1998. Perusahaan ini sudah mendirikan lebih dari 40 kota industri baru dan 120 taman industri yang mencakup lebih dari 30 wilayah di seluruh Cina. Dalam hal New Industry City project, CFLD sudah mendelegasikan tim-timnya ke banyak negara, seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, India, Thailand, Mesir, Myanmar, dan Filipina. 

Tepatnya pada akhir tahun 2015, CFLD dan Indonesia AS Company melakukan penandatanganan nota untuk mendirikan usaha bersama dalam mengembangkan kota industri baru atau New Industry City di beberapa kota di Indonesia, seperti Tangerang, Bekasi, dll. Untuk kota Tangerang, CFLD sudah membuat project CFLD Tangerang pada tahun 2019 lalu yang bekerja sama dengan Samanea Group melalui pembangunan dan pengembangan tempat-tempat perbelanjaan yang ada di Tangerang. 

Dalam nota kesepahaman antara kedua manajemen perusahaan ini, CFLD berperan membangun TNIC sebagai kawasan industri baru di sekitar Jakarta. Sementara itu, perusahaan Samanea Group yang mengoperasikan serta membangun pusat perbelanjaan yang ada di dalamnya. Kerja sama antara CFLD dan Samanea Group ini bertujuan untuk membangun platform yang bisa menghubungkan calon investor dengan para pedagang dan konsumen. Platform ini diharapkan dapat membantu membangun merk dan jaringan operasi di wilayah DKI Jakarta dan juga seluruh Indonesia. 

Proyek CFLD Tangerang 

Proyek TNIC ini berjarak 20 km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan berjarak 30 km dari Jakarta CBD. Tujuan pembangunan TNIC adalah untuk mewujudkan kota satelit baru yang dekat dengan Jakarta dan lokasi di daerah pinggiran kota. TNIC dirancang dengan dilengkapi infrastruktur kelas dunia dan berbagai fasilitas premium. Berbagai fasilitas ini akan membuat TNIC menjadi salah satu kota industri yang sangat dinantikan banyak orang. 

Proyek TNIC ini digadang-gadang akan menjadi pusatnya inovasi. TNIC diharapkan mampu memberikan peluang bagi perkembangan wilayah Tangerang dan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan modern di bagian barat Jakarta. Masuknya Samanea Group ke pasar Indonesia melalui TNIC dalam membangun platform dari hasil kerja sama berskala internasional ini diharapkan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat serta turut berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi lokal. 

Untuk penandatanganan persetujuan pembelian lahan di TNIC seluas 7,6 Ha oleh Samanea Group sudah dilangsungkan pada tanggal 6 April 2019 lalu dengan penandatanganan akta jual beli yang disaksikan langsung oleh Presiden CFLD Internasional (Indonesia) dan Chief Financial Officer dari Samanea Group, Larry Or. Melihat sepak terjang CFLD, tentunya proyek TNIC ini dipastikan akan sesukses proyek-proyek CFLD lainnya. 

Selain menguntungkan dari sisi CFLD dan Samanea Group, proyek CFLD Tangerang ini bisa dipastikan mampu memberikan dampak yang bagus bagi penduduk. Karena proyek pembangunan CFLD disebut mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru hingga 105.000 dan berkontribusi hingga US$ 39.3 miliar bagi produk domestic bruto, serta mampu menarik investasi secara kumulatif senilai US$ 72.9 miliar hingga akhir tahun 2018 lalu. 

Ketika Artis Berwisata Quran di Syaamil Quran Bandung



Wisata Quran Bandung. Ada yang berbeda pada Sabtu, 15 Februari 2020 lalu. Wajah - wajah yang kerap muncul di layar kaca tampak mengunjungi Syaamil Quran di jalan Babakan Sari I / 71, Kiaracondong, Bandung. Mereka hendak melihat proses pencetakan Al Quran di sini.

Rombongan tiba di Syaamil Quran menjelang waktu Asar. Sesampainya di lokasi, setelah menikmati jamuan khas kuliner Kota Bandung, azan Asar berkumandang. Mereka lalu menunaikan ibadah solat Asar yang dijama' takhir dengan Dhuhur.

https://siswiyantisugi.com
Riza Zacharias, Chairman Syaamil Group (dok. Syaamil Group)

Riza Zacharias selaku Chairman Syaamil Group dan Halfino Berry, Co Chairman group, menyambut kedatangan artis - artis ini. Riza mengenalkan Syaamil Group yang telah berdiri lebih dari dua puluh tahun. Selama lebih dari dua puluh tahun itu, Syaamil Group menerbitkan mushaf Al Quran dan buku - buku pilihan dengan konten yang mengandung nilai - nilai kebaikan.


Inovasi Syaamil Group

Syaamil Group memilih Al Quran dan Sirah sebagai pilihan utama dalam berkreasi dan berinovasi. Pilihan itu berlandaskan visi membumikan Al Quran dan menghidupkan Sirah. Realisasi dari visi itu adalah dengan menghasilkan produk - produk inovatif yang mudah, menarik, dan menyenangkan. Salah satunya adalah mushaf tulis, yaitu mushaf Quran yang huruf - hurufnya dicetak tipis dan kita bisa menebalkannya sendiri.


mushaf tulis Quran (dok.pribadi) 



praktik menulis mushaf tulis Quran (dok. Syaamil Quran)

Para artis pun berkesempatan praktik menulis mushaf pada lembaran yang telah disediakan. Tampak wajah - wajah khidmat saat praktik menulis huruf -huruf Al Quran di mushaf tulis. 

"Lembaran tersebut menjadi buah tangan yang mengesankan bagi para artis," tandas Apud Saepudin, Integrated Communication General Manager Syaamil Group.


Wisata Quran

Wisata Quran yang diprakarsai Syaamil Quran merupakan salah satu wisata religi yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Selain menikmati aneka kuliner khas Bandung dan beragam wisata rekreatif lain, wisata Quran bisa masuk dalam agenda jalan - jalan juga.

Wisata Quran terbuka tiap hari Rabu dan Kamis untuk umum, baik kelompok maupun perorangan. Sebelum berkunjung, kita bisa menghubungi nomor kontak Syaamil Group bagian Wisata Quran. 

Ustad Luqmanul Hakim Ashabul sebagai pemrakarsa kunjungan ini adalah penggagas Gerakan Infaq Beras untuk anak yatim dan pesantren penghafal Al Quran.  

Melalui wisata Quran, Ustad Luqmanul Hakim berharap rombongan artis dari Komunitas Kajian Musyawarah ini mendapat jamuan religi untuk memperkaya spiritualitas mereka sebagai muslim. Selain itu, dalam event Sedekah Akbar yang akan diselenggarakan esok harinya, Minggu 16 Februari 2020, Syaamil Quran merupakan mitra utama penyupport acara Sedekah Akbar.

dok. Syaamil Quran
Para artis yang kebanyakan telah hijrah ini menyimak penjelasan pihak Syaamil Group tentang proses pencetakan Al Quran dengan serius.  Kekaguman dan antusiasme terpancar dari wajah - wajah mereka. 

Kunjungan dimulai dari ruang Syaamil Arabic Mustaqii yang bergerak di bidang pembelajaran dan pelatihan Bahasa Arab. Metodologi yang digunakan tentu saja sudah tersusun rapi, mudah, menyenangkan, sistematis, dan aplikatif.


Menyimak penjelasan produk - produk Sygma Media Innovation (dok. Syaamil Quran)

Selanjutnya para artis melihat -lihat ruang kreatif  Sygma Media Innovation (SMI) melihat proses pembuatan konten Al Quran. Mulai dari proses desain cover, layout khat, layout terjemah hingga fitur - fitur yang ada dalam Al Quran.

Rombongan juga melihat proses pembuatan produk - produk lain seperti buku Direct Selling yang dikeluarkan Sygma Daya Insani (SDI), Digibook (Digital Book), dan produk berbasis media digital lainnya. Semua produk Syaamil Group ini telah tersebar ke seluruh Indonesia dan manca negara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Korea Selatan, Hongkong, dan Amerika.

Melihat - lihat produk Syaamil Quran (dok.pribadi)

Sebelum masuk ke bagian pencetakan Quran, para artis melihat -lihat Madina Quran yang memproduksi Al Quran untuk segmen khusus, seperti segmen pembaca profesional dan generasi milenial. Quran terbarunya Quran Al Mutqin, Quran Hafalan Super Lengkap dengan banyak kelebihan yang memudahkan para penghafal Quran.

Puncak dari wisata religi ini adalah melihat proses pencetakan Quran. Tempat mencetak Quran ada di bagian bawah gedung Syaamil Group. Di ruangan yang besar dan luas ini, para artis melihat tahapan pencetakan Quran. Tahapan pertama adalah mencetak lembaran mushaf lalu memotong, menjahit, mencetak cover hingga pengecekan kualitas Quran supaya tidak terjadi kesalahan sedikit pun.













FYI, dalam proses pencetakan Quran ini, seluruh pegawai yang terlibat harus dalam keadaan suci, yaitu berwudhu lebih dulu. Begitu juga bila ada pegawai perempuan yang sedang haid, ia akan dipindahkan ke bagian lain hingga haidnya selesai. Hal itu bertujuan untuk menjaga adab dalam proses pencetakan Quran.

Bahan baku yang digunakan pun dipastikan berkualitas tinggi dan halal. Dari mana mengecek kehalalan bahan bakunya? Menurut salah satu pegawainya, bahan baku yang halal ada pada lem yang digunakan.

Di akhir kunjungan, para artis berfoto bersama seraya saling menguatkan untuk senantiasa istiqamah di jalan hijrah. Di titik ini, seglamour apa pun kehidupan mereka di layar kaca, para artis ini tetap membutuhkan siraman rohani agar hidupnya bermakna.

https://siswiyantisugi.com
dok. Syaamil Quran