CFLD Tangerang: Inilah Salah Satu Proyek CFLD di Indonesia


kota industri (koinworks.com)

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di bidang properti, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu perusahaan pengembang asing bernama CFLD (Cina Fortune Land Development). Perusahaan pengembang yang berasal dari Cina ini terbilang sudah sangat populer sebagai pakar ternama dalam investasi dan operasi kota industri baru di Cina. Di Indonesia, perusahaan ini sudah banyak sekali melakukan investasi pengembangan kawasan industri, terlihat dengan adanya CFLD Tangerang dan kota-kota lain di Indonesia. 

Sekilas tentang CFLD

CFLD pertama kali didirikan pada tahun 1998. Perusahaan ini sudah mendirikan lebih dari 40 kota industri baru dan 120 taman industri yang mencakup lebih dari 30 wilayah di seluruh Cina. Dalam hal New Industry City project, CFLD sudah mendelegasikan tim-timnya ke banyak negara, seperti Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Vietnam, Indonesia, India, Thailand, Mesir, Myanmar, dan Filipina. 

Tepatnya pada akhir tahun 2015, CFLD dan Indonesia AS Company melakukan penandatanganan nota untuk mendirikan usaha bersama dalam mengembangkan kota industri baru atau New Industry City di beberapa kota di Indonesia, seperti Tangerang, Bekasi, dll. Untuk kota Tangerang, CFLD sudah membuat project CFLD Tangerang pada tahun 2019 lalu yang bekerja sama dengan Samanea Group melalui pembangunan dan pengembangan tempat-tempat perbelanjaan yang ada di Tangerang. 

Dalam nota kesepahaman antara kedua manajemen perusahaan ini, CFLD berperan membangun TNIC sebagai kawasan industri baru di sekitar Jakarta. Sementara itu, perusahaan Samanea Group yang mengoperasikan serta membangun pusat perbelanjaan yang ada di dalamnya. Kerja sama antara CFLD dan Samanea Group ini bertujuan untuk membangun platform yang bisa menghubungkan calon investor dengan para pedagang dan konsumen. Platform ini diharapkan dapat membantu membangun merk dan jaringan operasi di wilayah DKI Jakarta dan juga seluruh Indonesia. 

Proyek CFLD Tangerang 

Proyek TNIC ini berjarak 20 km dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan berjarak 30 km dari Jakarta CBD. Tujuan pembangunan TNIC adalah untuk mewujudkan kota satelit baru yang dekat dengan Jakarta dan lokasi di daerah pinggiran kota. TNIC dirancang dengan dilengkapi infrastruktur kelas dunia dan berbagai fasilitas premium. Berbagai fasilitas ini akan membuat TNIC menjadi salah satu kota industri yang sangat dinantikan banyak orang. 

Proyek TNIC ini digadang-gadang akan menjadi pusatnya inovasi. TNIC diharapkan mampu memberikan peluang bagi perkembangan wilayah Tangerang dan menjadikannya sebagai pusat perbelanjaan modern di bagian barat Jakarta. Masuknya Samanea Group ke pasar Indonesia melalui TNIC dalam membangun platform dari hasil kerja sama berskala internasional ini diharapkan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat serta turut berkontribusi dalam mengembangkan ekonomi lokal. 

Untuk penandatanganan persetujuan pembelian lahan di TNIC seluas 7,6 Ha oleh Samanea Group sudah dilangsungkan pada tanggal 6 April 2019 lalu dengan penandatanganan akta jual beli yang disaksikan langsung oleh Presiden CFLD Internasional (Indonesia) dan Chief Financial Officer dari Samanea Group, Larry Or. Melihat sepak terjang CFLD, tentunya proyek TNIC ini dipastikan akan sesukses proyek-proyek CFLD lainnya. 

Selain menguntungkan dari sisi CFLD dan Samanea Group, proyek CFLD Tangerang ini bisa dipastikan mampu memberikan dampak yang bagus bagi penduduk. Karena proyek pembangunan CFLD disebut mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru hingga 105.000 dan berkontribusi hingga US$ 39.3 miliar bagi produk domestic bruto, serta mampu menarik investasi secara kumulatif senilai US$ 72.9 miliar hingga akhir tahun 2018 lalu. 

No comments