Nostalgia Balada Si Roy dalam Film Besutan IDN Picture

Siapa yang tidak kenal sosok Roy dalam Balada Si Roy di era 90an? Sosok ganteng yang gemar bertualang. Petualangannya tidak hanya di alam bebas atau jalanan, tetapi juga di hati perempuan. 
 
Film Balada Si Roy

Saya membaca novelnya saat duduk di bangku SMA. Cowok gondrong yang digilai banyak perempuan. Yang masih melekat di ingatan adalah langkah kakinya menyusuri rel kereta di jalanan ibu kota.

Berjalannya waktu, memasuki tahun 2000an Balada Si Roy karya Gol A Gong pelahan mulai tak terdengar. Popularitasnya lambat laun diganti oleh Dilan, salah satu tokoh cerita yang digandrungi remaja Indonesia saat ini. Namun, kharisma Si Roy tetap tertancap di ingatan generasi 90an.  Kharisma yang menobatkan novel Balada Si Roy sebagai novel legendaris.

Konferensi Pers Film Balada Si Roy Debut IDN Picture 

Ternyata Si Roy tak benar-benar habis ditinggalkan pembacanya akibat keriuhan media sosial dan bintang-bintang baru yang bermunculan. Awal November 2020 lalu, IDN Picture resmi memublikasikan Balada Si Roy sebagai judul proyek perdananya. Yup, Balada Si Roy yang diadaptasi dari novel  akan diangkat ke layar lebar oleh IDN Picture. Film ini juga menjadi film perdana Picture yang akan dirilis pada tahun 2021.
 
konferensi pers film balada si roy

Pengumuman akan dirilisnya film Balada Si Roy tentu mengundang keingintahuan para pembaca novelnya di masa lalu, "Siapa saja yang akan memerankan tokoh-tokoh dalam novel Balada Si Roy?" 

Nama-nama pemain film Balada Si Roy 

Pada konferensi pers virtual Desember 2020, IDN Picture mengumumkan deretan nama pemain film Balada Si Roy. Film yang disutradarai Fajar Nugros ini akan dibintangi oleh Abidzar Al-Ghifari selaku pemeran utamanya, Roy. FYI, Abidzar Al-Ghifari ini putra almarhum Ustad Uje. Sementara tokoh Ani diperankan Febby Rastanty. Dalam wawancaranya dengan salah satu harian nasional, Febby menganggap perannya di film Balada Si Roy adalah pembuktian bagi kemampuan aktingnya.

Selain Febby dan Abidzar, nama-nama aktor dan aktris yang terlibat film ini adalah Bio One, Yusuf Mahardika, Sitha Marino, Kiki Narendra hingga aktris senior Maudy Kusnaedi. Saya mengingat-ingat nama-nama tokoh di novelnya dan mencocok-cocokkan peran untuk para aktris dan aktor yang terlibat di film ini.

Harapan IDN Pictures pada Film Balada Si Roy

Head of IDN Pictures,  Fajar Nugros, mengungkapkan perasaannya terlibat proses produksi film Balada Si Roy. Ia merasa terhormat bisa mengangkat novel Balada Si Roy ke layar lebar. Bagi Fajar, memfilmkan Balada Si Roy merupakan hal yang sangat istimewa mengingat film ini merupakan proyek pertama IDN Pictures. 

Film Balada Si Roy bercerita tentang seorang anak muda yang sedang mencari jati diri. Ia selalu mendobrak tatanan yang ada. Fajar berharap proyek pertama IDN Pictures ini juga dapat mendobrak tatanan perfilman Indonesia agar terus menjadi lebih baik.

Sementara Susanti Dewi, Head of IDN Pictures, menyampaikan harapan sekaligus pesan kepada masyarakat Indonesia. “IDN Pictures pun telah menambahkan relevansi nilai pada proses penggarapan filmnya. Hal ini diharapkan dapat membuat film Balada Si Roy menjadi semakin relatable dengan kehidupan anak muda zaman sekarang," papar Susan. 

Ia menambahkan, "Misalnya adanya ajakan untuk menghirup udara segar di luar, kumpul bersama teman-teman, kesampingkan gadget ketika sedang bersua dengan kawan. Nilai-nilai seperti ini terkesan picisan, sederhana, tapi esensinya tak jarang hilang.”

--

Meskipun novelnya berlatar tahun 90an, Fajar berjanji akan memberikan nilai relevansi antara film Balada Si Roy dan kisah anak-anak muda generasi milenial dan Z sekarang. Namun, tak terkecuali untuk generasi 90an. Yuk, nostalgia bareng di film Balada Si Roy :)



9 comments

  1. Wah sepertinya film ini seru untuk di tonton, apalagi kalau filmnya sangat relateable sama keadaan sekarang ya kak.

    ReplyDelete
  2. Wah, bangganyaaa
    Tokoh si Roy ini relatable bgt dgn anak muda
    apalagi yg dari era '90-an makin banggaaa ya

    ReplyDelete
  3. baru kemaren nostalgia sama suami tentang Balada si Roy. aku termasuk yang tak sabar menyambut film ini. tenang, udah siap mental kok mengetahui kondisi zaman now mah pasti beda dengan di novel-novel dulu

    ReplyDelete
  4. saya dulu pas SMA pernah ingat kisah roy ini di tumpukan buku di perpus. tapi aku lupa apakah pernah membacanya, hehehe. Kayaknya seru nih ya kalau difilmkan biasanya akan banyak yang nonton kalau dari novel lama gini nih

    ReplyDelete
  5. Whuaaah bakal ada film bernuansa 90an nih, ditunggu2 pastinya. Aku sendiri sih nggak mengenal tokoh Roy ini, namun pastinya ini film perdana dari IDN ekspetasinya tinggi dari penggemarnya ya, semoga nantinya sesuai deh, dan pasti di medsos ramai juga diperbincangkan

    ReplyDelete
  6. Bener yaa, teh..
    Walau ini bukan zamanku, tapi aku baca-baca kalau novel Gol A Gong "Balada Si Roy" ini heiitts pada zamannya.
    Seru sekali kalau di remake kembali dalam bentuk cinema masa kini.

    ReplyDelete
  7. Pangling banget ya Abidzar dah remaja banget dulu inget banget sering dibawa alm. Ust Jefri. Btw semoga filmnya bisa sukses dan menghibur ya.

    ReplyDelete
  8. Abidzar ini kayanya dari kecil uda keliatan minatnya di dunia entertain ya. Akhirnya sekarang mulai muncul berbagai karyanya. Filmnya bagus banget idenya. Semoga segera tayang

    ReplyDelete
  9. Jadi nggak sabar menantikan penayangannya pasti keren banget ini.
    aku nggak menangin jamannya sih, tapi doaku semoga prosesnya lancar semuanya

    ReplyDelete